Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Koi Cirebon, Ajang Ribuan Ikan Koi yang Dinilai Juri Internasional

Kompas.com - 19/02/2023, 19:07 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com – Ribuan ikan koi beradu kecantikan dalam kontes nasional Cirebon Koi Festival di pusat perbelanjaan Kota Cirebon, Jawa Barat, pada Minggu (19/2/2023).

Ajang kali pertama digelar ini berlangsung selama tiga hari untuk memperebutkan piala wali kota.

Tak hanya dari Cirebon, para peserta juga berasal dari dalam dan luar pulau jawa dengan 12 orang juri.

Baca juga: Makna Motif Batik Mega Mendung Khas Cirebon

Bahkan, tiga juri didatangkan dari luar negeri, yakni dari Filipina dan Singapura. Tak hanya menyatukan hobi, ajang festival koi ini untuk meningkatkan sektor industri pariwisata kreatif.

Pantauan Kompas.com di lokasi, sebanyak 12 orang juri, dari Indonesia, Filipina, dan Singapura, sibuk melakukan penilaian terhadap ribuan ikan koi yang dikonteskan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Sambil membawa peralatan penilaian, mereka meneliti satu persatu ikan koi dengan 13 kategori penilaian yang ditentukan.

Persaingan ketat antarikan koi

Tak hanya sulit, karakter ikan koi yang dijagokan oleh tiap peserta, membuat persaingan kian ketat. Juri berulang kali tampak berdiskusi dan berpikir ulang terkait karakter tiap ikan.

Adapun Festival Koi Cirebon ini digelar oleh Asosiasi Pecinta Koi Indonesia (APKI) bersama Cirebon Koi Community (CKC).

Baca juga: 4 Penginapan di Bawah Rp 100.000 Dekat Stasiun Cirebon

Event kali pertama ini berlangsung selama tiga hari sejak Jumat hingga Minggu 17-19 Februari 2023.

Ketua Panitia Festival Koi Cirebon bernama Alex Chaerudin menyebutkan, event ini diikuti sekitar 1.000 ikan koi dari 331 pemilik yang tersebar dalam dan luar Pulau Jawa.

Ada 22 jenis ikan koi yang ikut bertarung untuk menjadi juara dalam lima kelas, yakni Gosanke, Melati, Anggrek, Cempaka, dan Kamboja.

Sejumlah dewan juri memberikan penilaian pada ikan ikan koi dalam Festival Koi Cirebon, di Pusat Perbelanjaan Grage Citimall pada 17 - 19 Februari 2023. Kegiatan ini diikuti ribuan ekor ikan dalam dan luar pulau Jawa dengan 12 juri, 3 juri dari luar negeri.MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Sejumlah dewan juri memberikan penilaian pada ikan ikan koi dalam Festival Koi Cirebon, di Pusat Perbelanjaan Grage Citimall pada 17 - 19 Februari 2023. Kegiatan ini diikuti ribuan ekor ikan dalam dan luar pulau Jawa dengan 12 juri, 3 juri dari luar negeri.

“Ada lima kelas yang dilombakan, sekitar 22 jenis verity ikan koi. Peserta seluruh pulau Jawa dan ada dari Kalimantan. Ini bisa dibilang tingkat nasional. Jumlahnya sekitar kurang lebih 1.000 ekor,” kata Alex saat kepada Kompas.com saat kegiatan berlangsung.

Event ini didasari kian menggeliatnya pehobi ikan koi di wilayah Pantura Cirebon. Mereka dari Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka, berjejaring dengan pehobi koi Nasional dalam APKI untuk menumbuhkan iklim industri kreatif melalui ikan koi.

Koi pemenang kontes bisa dihargai miliaran rupiah

Menurut Alex di kalangan pencinta sejati, ikan koi memiliki harga fantastis. Terlebih ikan-ikan koi yang berhasil memenangi tiap kontes. Satu ekor ikan koi dengan jenis tertentu, dapat memiliki nilai jual ratusan hingga miliaran rupiah.

Peserta asal Banjarmasin bernama Dwi Kurniawan mengungkapkan, dirinya rela ikut hadir dalam kontes Festival Koi Cirebon karena melihat geliatnya yang sangat besar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com