Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gambar Penenun Ulos dan Danau Toba Hiasi Badan Pesawat AirAsia Jelang F1 PowerBoat

Kompas.com - 20/02/2023, 16:04 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang gelaran F1 Powerboat pada 24 sampai 26 Februari 2023, badan pesawat AirAsia berhias potret penenun kain ulos dan Danau Toba dengan tema "Lake Toba & Beyond" sejak Jumat (17/2/2023)

Motif ulos tersebut merupakan karya dari salah satu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tenun dari Sumatera Utara bernama Toba Tenun.

Baca juga:  F1 PowerBoat di Danau Toba Siap Digelar, Sandiaga: Dapat Tarik Kunjungan 25.000 Wisatawan

Menurut CEO Toba Tenun Kerri Na Basaria kepada Kompas.com, Senin (20/2/2023), gambar di badan pesawat AirAsia merupakan hasil proyek kerjasama antara Toba Tenun, maskapai AirAsia, Injourney, dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT). 

Promosikan kekayaan budaya di Danau Toba

Kerri menceritakan, proyek kolaborasi ini mulanya sudah direncanakan sejak 2020, tepatnya sebelum pandemi Covid 19 mewabah di Indonesia.

"Ini kerja samanya organik banget, kita (Toba Tenun) dikenali oleh BPODT dengan pihak maskapai AirAsia," katanya.

Pada saat itu, kata Kerri, maskapai AirAsia memang sedang mencari pihak yang bisa mendesain untuk livery atau corak khas pesawat.

"Kebetulan CEO AirAsia boru Batak. Dia ingin mengedepankan kunjungan wisata ke Danau Toba. Mereka minta kita (pihak Toba Tenun) untuk mendesain livery baru bertema Lake Toba," katanya. 

Kerri mengatakan pemilihan Toba Tenun sebagai perancang desain untuk corak di badan pesawat AirAsia dilakukan guna merepresentasikan UMKM di Sumatera Utara.

"Ini (proyek livery Danau Toba) mungkin sudah berjalan sekitar setengah tahun setelah tertunda karena Covid-19," katanya. 

Bertepatan dengan F1 Powerboat

Lebih lanjut, dikatakan bahwa realisasi livery Danau Toba di badan pesawat AirAsia dilakukan saat ini karena bertepatan dengan momen pelaksanaan kegiatan F1 Powerboat (F1H20) di Danau Toba.

Untuk diketahui, F1H20 merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique dan disponsori oleh H20. 

Corak Danau Toba, bunga kecombrang, dan wanita penenun di badang pesawat Air Asia.Dok. Toba Tenun. Corak Danau Toba, bunga kecombrang, dan wanita penenun di badang pesawat Air Asia.

Dikutip dari laman Kemenpora (17/12/2022), ajang kejuaraan ini akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24-26 Februari 2023.

"Jadim kita bikin acara ini (peluncuran livery Danau Toba di badan pesawat AirAsia) sebagai salah satu praevent (F1H20)," terang Kerri.

Kerri melanjutkan, corak Danau Toba di badan pesawat AirAsia merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan kekayan budaya yang ada di kawasan Danau Toba.

 

Baca juga: F1 Powerboat di Danau Toba, 2.000 Tiket Ludes dalam 23 Menit

Corak Danau Toba di badan pesawat AirAsia, sambung Kerri, merupakan proyek ketiga bertema destinasi wisata di Indonesia, menyusul livery Lombok dan Belitung yang sudah ada digarap sebelumnya.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com