Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa Mulai Cabut Syarat Tes Covid-19 untuk Turis dari China

Kompas.com - 21/02/2023, 11:00 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Negara-negara Uni Eropa (UE) akan mencabut syarat tes Covid-19 untuk pelaku perjalanan dari China mulai akhir Februari 2023.

Keputusan ini dilakukan pada Sabtu (11/2/2023) dalam pertemuan para ahli kesehatan dari 27 negara anggota.

Baca juga:

Situasi pandemi Covid-19 di Negeri Tirai Bambu saat ini dinilai memungkinkan adanya pencabutan pembatasan secara bertahap. 

"Berdasarkan perkembangan epidemologis baru-baru ini dan dengan mempertimbangkan opini Komite Keamanan Kesehatan, negara anggota setuju untuk mencabut syarat hasil negatif tes Covid-19 sebelum keberangkatan untuk pelaku perjalanan dari China akhir Februari," bunyi pernyataan dari Swedia sebagai Presidensi Uni Eropa, dikutip dari schengenvisainfo.com, Selasa (21/2/2023).

Baca juga: Indonesia Belum Berlakukan Syarat Tes PCR untuk Turis Asal China

Tidak hanya itu, penerapan tes acak untuk pelaku perjalanan dari China yang memasuki wilayah tersebut juga akan dihapuskan secara bertahap mulai pertengahan Maret 2023.

Perancis cabut syarat tes Covid-19 untuk pelaku perjalanan dari China

Ilustrasi Perancis - Museum Louvre di Paris, Perancis (Photo by Chris Karidis on Unsplash).Photo by Chris Karidis on Unsplash Ilustrasi Perancis - Museum Louvre di Paris, Perancis (Photo by Chris Karidis on Unsplash).

Perancis jadi salah satu negara UE yang telah mencabut syarat tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan asal China. 

"Pelaku perjalanan dari China yang bepergian ke Perancis tak lagi wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR dalam kurun waktu 48 jam atau mengisi formulir deklarasi kesehatan," ujar pihak Kedutaan Besar Perancis di Beijing, Kamis (16/2/2023), dikutip dari AFP.

Tidak hanya itu, pengecekan acak saat kedatangan juga telah dihapuskan. 

Baca juga:

Sebelumnya dilaporkan bahwa China telah membuka perbatasan sejak awal Januari 2023, setelah tiga tahun ditutup akibat pandemi Covid-19. Pembukaan ini diumumkan pada pertengahan Desember 2022.

Usai pengumuman tersebut, sejumlah negara di UE pun menerapkan syarat tes bagi pelaku perjalanan asal China. Beberapa negara yang menerapkannya, antara lain Perancis, Belanda, dan Spanyol.

Baca juga: Belanda Wajibkan Pelaku Perjalanan dari China untuk Tes Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com