Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Tahun Tutup, Stasiun Jeruklegi Cilacap Aktif Lagi 1 Maret 2023

Kompas.com - 21/02/2023, 16:32 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto akan mengaktifkan kembali Stasiun Jeruklegi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dalam waktu dekat.

Dikutip Antara, stasiun tersebut sudah sekitar 11 tahun tidak melayani penurunan dan pemberangkatan penumpang, melainkan hanya untuk persilangan kereta lintas selatan dari dan menuju Bandung.

"Setelah kurang lebih 11 tahun tidak melayani naik-turun penumpang, Stasiun Jeruklegi akan diaktifkan kembali untuk layanan tersebut mulai 1 Maret 2023," kata Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jateng, Senin (20/2/2023), seperti dikutip Antara.

Baca juga:

Meski begitu, untuk sementara Stasiun Jeruklegi hanya melayani satu perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) pergi-pulang, yaitu KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo-Kiaracondong PP.

Relasj Kutoarjo-Kiaracondong akan tiba di Stasiun Jeruklegi pada pukul 12.12 WIB dan diberangkatkan kembali pukul 12.26 WIB.

Swmentara relasi Kiaracondong-Kutoarjo akan tiba di Stasiun Jeruklegi pukul 02.56 WIB dan diberangkatkan kembali pukul 03.05 WIB.

Baca juga:

Ke depannya KAI berencana menambah dua rute lainnya yang melalui stasiun tersebut.

"Nantinya sebagai inovasi lanjutan guna meningkatkan layanan kepada pelanggan sekaligus untuk menambah keleluasaan kepada pelanggan dalam memilih jadwal, maka KA Baturraden Ekspres dan KA Serayu akan dilayani pula di Stasiun Jeruklegi," ucap Daniel.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Adapun reaktivasi Stasiun Jeruklegi menurutnya menjadi salah satu inovasi PT KAI Daop 5 Purwokerto dalam meningkatkan layanan kepada pelanggan kereta api.

Sebab, PT KAI Daop 5 Purwerto menargetkan 3,06 juta pelanggan dapat dilayani pada 2023 atau meningkat dari tahun 2022 dengan 2,38 juta pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com