Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buang Sampah Sembarangan, Kapal Wisata di Labuan Bajo Bisa Ditenggelamkan

Kompas.com - 22/02/2023, 12:03 WIB
Nansianus Taris,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LABUAN BAJO,KOMPAS.com - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi menegaskan akan menenggelamkan kapal wisata di Labuan Bajo jika tak memperhatikan masalah sampah.

Untuk diketahui, dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat akan menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Penertiban Sampah.

Perda itu untuk mewujudkan Labuan Bajo bebas sampah dan nol emisi dari sektor sampah.

"Bila dijumpai pemilik kapal yang menjalankan aktivitasnya di laut bandel terhadap Perda itu maka pihaknya tidak main-main tenggelamkan kapalnya," tegas Edistasius saat aksi bersih sampah sebagai peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di beberapa Kawasan Pantai di Labuan Bajo, Selasa (22/2/2023).

Baca juga:

Ia menegaskan, sebaik apapun infrastrukturnya, semaju apapun ekonominya, serta seindah apapun destinasi wisata yang ada di Labuan Bajo, tidak ada gunanya jika tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat tentang menjaga kebersihan, maka semua itu tak ada gunanya.

Pada saatnya, kata dia, kapal baru diperbolehkan menurunkan penumpang jika menunjukkan menunjukkan komitmen patuh Perda terkait sampah.

"Saya mengajak kita semua agar jaga dan rawat agar pesona bahari Labuan Bajo tetap indah dan lestari supaya bisa dinikmati anak cucu," ungkapnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com