Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Wisata di Medan Lengkap, Tempat Bersejarah hingga Penangkaran Buaya

Kompas.com - 22/02/2023, 14:46 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kota Medan merupakan kota terbesar keempat di Indonesia, sekaligus kota terbesar di luar Pulau Jawa. Sebagai kota besar, Medan menawarkan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari wisata budaya, sejarah, taman hiburan, dan wisata alam seperti danau dan pantai. Beberapa wisata di Medan bahkan sudah tersohor hingga luar kota.

Baca juga: 10 Wisata Pantai di Medan dan Sekitarnya, Ada yang Mirip Bali

Wisata di Medan lengkap

Berikut wisata di Medan yang bisa dikunjungi traveler saperti dihimpun Kompas.com.

1. Istana Maimun 

Istana Maimun di Medan. SHUTTERSTOCK/AKHMAD DODY FIRMANSYAH Istana Maimun di Medan.

Istana Maimun merupakan salah satu ikon wisata Kota Medan. Istana yang dibangun pada 1988 ini merupakan peninggalan Kerajaan Deli yang dipimpin Sultan Al Rasyid Perkasa Alamsyah, seperti dikutip dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara.

Desain bangunan Istana Maimum memadukan ciri khas arsitektur Indonesia, Persia, dan Eropa. Sementara, nuansa Melayu dan Islam jelas terlihat di bangunan yang terletak di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun ini.

Baca juga: 7 Wisata Alam di Medan, Ada Penangkaran Buaya Terbesar di Asia Tenggara

Adapun arsitek di balik rancangan Istana Maimun adalah Theodoor van Erp yang merupakan tentara Hindia Belanda.

Nama Maimun diambil dari nama permaisuri sultan yang bernama Siti Maimunah. Istana ini adalah lambang cinta sultan kepada permaisurinya, seperti dikutip dari Kompas.com (26/6/2022).

Lokasi Istana Maimun sangat strategis dan mudah ditemukan, lantaran hanya berjarak sekitar 4 kilometer (km) dari pusat Kota Medan.

2. Masjid Raya Al Mashun

Masjid Raya Al Mashun di Medan, Sumatera Utara.Kompas.com/Silvita Agmasari Masjid Raya Al Mashun di Medan, Sumatera Utara.

Berjarak 1 km dari Istana Maimun, wisatawan bisa menjumpai destinasi wisata religi, yakni Masjid Raya Al Mashun. Masjid ini merupakan peninggalan Kesultanan Deli yang dibangun pada 1906, seperti dikutip dari Jakarta Islamic Center

Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini merupakan destinasi wisata budaya dan sejarah.

Gaya arsitektur Masjid Al Mashun menggabungkan corak Timur Tengah, India, hingga Spanyol. Bangunan Masjid Raya Al Mashun berbentuk segi delapan dengan bangunan sayap di bagian selatan, timur, utara, dan barat.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Masjid Istiqlal, Lokasinya Bekas Benteng Belanda

3. Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni, Gereja Katolik yang ikonik di Kota MedanDok. Graha Maria Annai Velangkanni Graha Maria Annai Velangkanni, Gereja Katolik yang ikonik di Kota Medan

Wisata religi dan budaya lainnya di Kota Medan adalah Gereja Maria Annai Velangkanni. Daya tarik gereja ini adalah bangunan unik yang menyerupai kuil.

Mengutip laman resminya, graha berarti rumah, tempat suci, atau kuil. Sementara, Annai Velangkanni Arokia Matha merupakan sebutan untuk Bunda Maria di India.

Baca juga: 8 Gereja Unik di Indonesia, Ada yang Mirip Kuil dan Pura 

Arsitektur gereja Katolik ini berbeda dengan rumah ibadah umat Katolik lainnya. Sekilas bangunannya tampak seperti kuil dengan struktur atap bertingkat dan megah, campuran gaya Indo-Mughal. 

Lokasinya berada di Jalan Sakura III Nomor 7-10, Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com