Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Wisata Banjarmasin Lengkap, Pasar Terapung hingga Museum 

Kompas.com - 23/02/2023, 00:04 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Banjarmasin merupakan kota terbesar di Provinsi Kalimantan Selatan. Kota yang dijuluki Kota Seribu Sungai ini menyimpan segudang destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi pelancong.

Dulunya, Kota Banjarmasin merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan sebelum pindah ke Banjarbaru pada Maret 2022 lalu.

Baca juga: 7 Wisata Malam Banjarmasin, Bisa Nongkrong di Tepi Sungai Martapura 

Berikut wisata Banjarmasin lengkap yang bisa dikunjungi oleh wisatawan seperti dihimpun Kompas.com.

1. Patung Bekantan 

Patung Bekantan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, salah satu destinasi wisata malam BanjarmasinDok. Indonesia Travel Patung Bekantan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, salah satu destinasi wisata malam Banjarmasin

Bekantan merupakan ikon Kalimantan Selatan selain pasar terapung, seperti dikutip dari Kompas.com (13/10/2015). Hewan primata endemik Kalimantan ini banyak ditemukan di hutan-hutan wilayah Kalimantan Selatan. 

Jika berlibur ke Banjarmasin, wisatawan bisa menjumpai Patung Bekantan setinggi 6,5 meter. Patong ikon Kalimantan Selatan itu berdiri di tepi Sungai Martapura tepatnya di Jalan Kapten Piere Tendean, Sungai Baru, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Baca juga: 6 Danau di Sekitar Banjarmasin, Ada Lokasi Bekas Tambang

Patung Bekantan itu berkulit cokelat dan putih berhidung mancung. Para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berfoto, duduk santai, menikmati kuliner, atau sekadar nongkrong.

2. Pasar Terapung Siring 

Sampan berbentuk bunga teratai yang ditampilkan saat Festival Budaya Pasar Terapung pada bulan Agustus 2017 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.Dok. Wikimedia Commons/Muhammad Haris Sampan berbentuk bunga teratai yang ditampilkan saat Festival Budaya Pasar Terapung pada bulan Agustus 2017 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Berwisata ke Banjarmasin belum lengkap jika belum berbelanja di pasar terapung yang merupakan ikon wisata kota itu. Wisatawan bisa menemukan pasar terapung di beberapa titik, salah satunya Pasar Terapung Siring.

Lokasi Pasar Terapung Siring masih berada dalam satu area dengan Patung Bekantan, yakni Kawasan Wisata Siring.

Mengutip dari Banjarmasin Post Tribunnews, Pasar Terapung Siring berada di Sungai Martapura. Pasar ini buka hingga pukul 22.00 malam.

Baca juga: 7 Taman di Banjarmasin, Cocok Buat Healing 

Para pedagang berada di atas perahu masing-masing, menjajakan aneka buah, sayur, kudapan ringan khas Martapura, makanan, dan lainnya.

Cara pedagang menawarkan makanan cukup unik, yakni mengacungkan jempol, berharap ada pembeli di pinggir sungai yang mau mampir ke perahu mereka.

3. Menara Pandang 

Menara Pandang Banjarmasin di Banjarmasin, Kalimantan Selatan disbudpar.banjarmasinkota.go.id Menara Pandang Banjarmasin di Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Menara Pandang merupakan objek wisata Banjarmasin yang terkenal di kalangan wisatawan, seperti dikutip dari laman Wonderful Indonesia.  Lokasinya masih berada dalam kawasan Wisata Siring, bersama dengan Patung Bekantan dan Pasar Terapung Siring.

Bangunan yang terletak di pinggir Sungai Martapura ini, baru diresmikan pada 2014 lalu. Menara Pandang mempunyai empat lantai, dilengkapi dengan dua menara di sebelah kanan dan kiri.

Baca juga: 5 Oleh-oleh Kerajinan Khas Banjarmasin, Ada Batu Permata dan Kain Sasirangan

Pada malam hari, pengunjung menikmati panorama Kota Banjarmasin secara 360 derajat dari lokasi Menara Pandang. Mulai dari hamparan sungai Martapura, kubah Masjid Raya Sabilal Muhtadin, dan kerlap kerlip lampu Kota Banjarmasin.

4. Taman Siring 

Taman Siring Nol Kilometer di Banjarmasin, salah satu destinasi wisata malam BanjarmasinBanjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon Taman Siring Nol Kilometer di Banjarmasin, salah satu destinasi wisata malam Banjarmasin

Kota Banjarmasin memiliki beberapa obyek wisata taman, salah satunya adalah Taman Siring Nol Kilometer Banjarmasin. Mengutip dari Banjarmasin Post Tribunnews, wisata ini cocok untuk menjadi lokasi santai sembari menikmati suasana Sungai Martapura.

Selain tempat duduk, Taman Siring juga menyediakan area bermain  skateboard. Selain itu, pengunjung bisa berfoto di tulisan Nol Kilometer Banjarmasin. 

Lokasinya berada di Jalan Jend Sudirman, Antasan Besar, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Baca juga: 8 Tempat Bermain Anak di Banjarmasin, Ada yang Gratis

5. Taman Kamboja 

Wisata taman di Kota Banjarmasin lainnya adalah Taman Kamboja. Lokasinya berada di  Kertak Baru Ulu, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Mengutip dari Banjarmasin Post Tribunnews, area taman ini dikelilingi dengan pepohonan rindang. Pengunjung bisa duduk santai di bangku taman yang sudah disediakan.

Taman Kamboja juga dilengkapi dengan wahana permainan, air mancur, area jogging, toilet umum, mushola, dan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com