Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

7 Tips Memilih Biro Travel Umrah, Salah Satunya Pilih yang Tepercaya Seperti Aqobah Travel

Kompas.com - 24/02/2023, 13:00 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjalankan ibadah haji dan umrah menjadi impian banyak umat muslim di dunia, termasuk di Indonesia. Tak heran jika banyak orang rela menabung atau menunggu antrean keberangkatan beberapa tahun untuk dapat menunaikan ibadah tersebut.

Animo masyarakat Indonesia yang sangat tinggi membuat keberadaan bisnis travel haji dan umrah makin menjamur saat ini. Agar ibadah dapat berjalan lancar dan nyaman, sebaiknya Anda memilih biro travel yang tepercaya.

Biro travel tepercaya memiliki rekam jejak keberhasilan memberangkatkan calon jemaah sejak didirikan. Pengalaman tersebut tidak hanya dapat menjadi bukti legalitasnya, tetapi juga profesionalitasnya untuk menjawab kebutuhan calon jemaah.

Oleh karena itu, memilih biro travel tepercaya juga dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan Anda, sehingga Anda dapat beribadah dengan tenang selama di Tanah Suci. Kenali biro travel haji dan umrah tepercaya dengan tujuh ciri-ciri berikut.

Baca juga: Tiket Mudik Lebaran Mulai Diburu Saat Indonesia Travel Fair 2023

1. Memiliki lokasi kantor riwayat perusahaan

Untuk mengetahui kredibilitas biro travel haji atau umrah, Anda perlu mencari tahu lokasi dan alamat kantornya. Kemudian, Anda sebaiknya mendatangi kantor tersebut untuk memastikan keberadaannya serta mengetahui kegiatan di kantornya.

Selain itu, Anda perlu mencari tahu riwayat perusahaan tersebut beroperasi. Jika biro travel layanan haji dan umrah tersebut tepercaya, biasanya informasi tentang perusahaan, kegiatan, atau reputasinya tidak sulit ditemukan melalui internet.

2. Memiliki izin resmi dari Kemenag

Memilih biro travel haji atau umrah yang berizin resmi adalah keharusan, sebab tidak sembarang perusahaan dapat menjalankan bisnis ini. Oleh karena itu, pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar dan memiliki izin dari Kementerian Agama (Kemenag).

Ada dua cara untuk mengetahui legalitasnya, yaitu dengan mendatangi kantor Kemenag dan mengakses situs website simpu.kemenag.go.id. Untuk memilih melalui situs website, Anda hanya perlu melakukan pencarian dengan memasukkan nama perusahaan tersebut.

Baca juga: Beri Penghormatan, KSAD Dudung Akan Fasilitasi Umrah Putra-putri Pahlawan Revolusi

3. Menawarkan harga yang wajar

Biro travel haji atau umrah yang menawarkan biaya jauh lebih murah dibandingkan biaya rata-rata atau yang ditetapkan pemerintah sebaiknya dihindari. Terlebih, jika penawaran tersebut dengan iming-iming fasilitas atau akomodasi setara paket biaya normal.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencari tahu lebih dulu biaya perjalanan haji atau umrah. Biro travel yang tepercaya biasanya terbuka tentang fasilitas yang diberikan.

Tidak kalah penting adalah memperhatikan rekening yang digunakan perusahaan untuk calon jemaah membayar. Biro travel haji atau umrah yang tepercaya biasanya memiliki rekening atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi.

4. Memberikan visa umrah

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com