Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Akan Beri Rp 2,4 Juta untuk Turis Asing yang Berwisata

Kompas.com - 25/02/2023, 08:35 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Taiwan berencana membayar 5.000 dollar Taiwan baru (sekitar Rp 2,4 juta) secara tunai atau berupa insentif diskon kepada 500.000 wisatawan asing yang liburan di Taiwan. 

Selain itu, ada pula insentif bagi agen perjalanan sebesar 10.000 dollar Taiwan baru (sekitar Rp 4,9 juta) untuk grup wisata dengan sedikitnya delapan wisatawan asing, dan 20.000 dollar Taiwan baru (sekitar Rp 9,9 juta) untuk grup wisata dengan sedikitnya 15 wisatawan asing.

Baca juga:

Bantuan ini merupakan bagian dari paket 5,3 miliar dollar Taiwan baru (sekitar Rp 2,6 triliun) yang bertujuan menggaet wisatawan asing.

"Kami berharap dapat mempercepat dan memperluas upaya (menarik) wisatawan internasional untuk datang ke Taiwan," kata Direktur Departemen Kementerian Transportasi Taiwan, Lin Fu-shan, dikutip dari Bloomberg, Sabtu (25/2/2023).

Baca juga: Taiwan Cabut Syarat Karantina Mulai 13 Oktober

Adapun cara untuk mendapatkan insentif tersebut akan diumumkan kemudian.

Kemungkinan insentif akan diberikan secara elektronik atau berupa diskon untuk akomodasi, transportasi, atau pembelian lainnya.

Ilustrasi Taiwan - Pemandangan wisata malam di Jiufen, New Taipei City.SHUTTERSTOCK / weniliou Ilustrasi Taiwan - Pemandangan wisata malam di Jiufen, New Taipei City.

Selain itu, rencana ini juga ditargetkan untuk menarik wisatawan asing dari beberapa pasar utama, antara lain Jepang, Korea Selatan, Asia Tenggara, Hong Kong, Makau, Eropa, dan Amerika Serikat.

Dilansir dari CNN, Taiwan menargetkan enam juta wisatawan pada tahun 2023, serta meningkat jadi 10 juta wisatawan pada tahun 2025. 

Baca juga:

Sementara itu, pada tahun 2022, jumlah pelaku perjalanan asing yang mengunjungi Taiwan berada di bawah 900.000 orang. Kebanyakan berasal dari Vietnam, Indonesia, Jepang, dan Amerika Serikat. 

Bila dibandingkan dengan tahun 2019, jumlah tersebut termasuk jauh berkurang. Pada tahun itu, tercatat ada 11,8 juta wisatawan asing yang mengunjungi Taiwan.

Baca juga: China Airlines Layani Rute Taiwan-Bali PP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com