Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Intip Kesiapan Warga Desa di Balige, Toba Sambut Perhelatan F1 Powerboat

Kompas.com - 25/02/2023, 13:51 WIB
Dwi NH,
Anissa DW

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang F1 Powerboat World Championship atau Kejuaraan Dunia Balap Perahu Motor 2023 akan diselenggarakan di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Jumat (24/2/2023) sampai Minggu (26/2/2023).

Perlombaan yang digelar oleh Union Internationale Motonautique (UIM) tersebut akan menyuguhkan balap motor air dengan kecepatan tinggi.

Danau Toba terpilih menjadi lokasi perlombaan karena kawasan ini merupakan salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Melalui ajang F1 Powerboat World Championship, pemerintah ingin menggenjot sektor pariwisata sebagai lokomotif pemulihan ekonomi nasional (PEN) 2023-2024.

Selain mempersiapkan acara, pemerintah juga terus memastikan kesiapan destinasi wisata, pelaku industri pariwisata, dan warga desa di Balige dalam menyambut perhelatan akbar tersebut.

Baca juga: 7 Wisata Gratis di Ubud, Bisa Kunjungi Tempat Populer

Untuk menilik lebih jauh tentang kesiapan menyambut F1 Powerboat, beberapa influencer membagikan pengalaman mereka saat mengunjungi destinasi wisata di Balige bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam kegiatan Kampanye Sadar Wisata 5.0.

Salah satu influencer, Uki Wardoyo (@ukiwardoyo), memperlihatkan bagaimana warga Desa Lumban Gaol, Balige, bersiap menjadi tuan rumah dengan menerapkan Sapta Pesona, pelayanan prima, dan cleanliness, health, safety, environment sustainability (CHSE) untuk menyambut kunjungan wisatawan di daerahnya.

“Akses jalan di Desa Lumban Gaol sudah sangat bagus. Bahkan, pantai di desa ini bersih dari sampah, banyak homestay, dan warga juga ramah,” ujarnya melalui video highlight Instagram Story (IGS) @ukiwardoyo yang dikutip Kompas.com, Jumat (24/2/2023).

Tak kalah menawan, pemandangan yang disajikan dari Desa Lumban Gaol juga indah karena mayoritas geografisnya adalah perbukitan yang menjulang. Di sini wisatawan juga bisa melihat kebudayaan khas Lumban Gaol, yaitu tari tradisional Tor-tor di Sanggar Budaya Lumban Gaol.

Baca juga: Iriana Jokowi Ajak Pendamping Pemimpin G20 Lihat Gamelan hingga Tari Tor-Tor

Tak jauh dari sana, terdapat Desa Lumban Bulbul dengan Pantai Bulbul yang bersih dan siap menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan wisatawan. Di lokasi tersebut Uki mengunjungi Warung Muslim Suteja milik Halasan Simangunsong yang tidak hanya manawarkan makanan halal, tetapi juga homestay dan musala.

 Influencer Uki @ukiwardoyo saat mengunjungi Pantai Bulbul.DOK. Instagram @ukiwardoyo Influencer Uki @ukiwardoyo saat mengunjungi Pantai Bulbul.

Pantai Bulbul sendiri dekat dengan venue F1 Powerboat yang bisa menjadi agenda menarik wisatawan selain menikmati keindahan sisi lain Danau Toba.

Cerita kedua datang dari influencer Yuki @yukianggia yang membagikan pengalaman serunya.

Keseruan influencer Yuki @yukianggia menaiki ATV bersama influencer Uki @ukiwardoyo.DOK. Instagram @yukianggia Keseruan influencer Yuki @yukianggia menaiki ATV bersama influencer Uki @ukiwardoyo.

Yuki sendiri merekomendasikan wisatawan, terutama bagi wisatawan muslim, untuk menginap di Homestay Hafizh milik Fatimah Manurung.

Dengan merogoh kocek sekitar Rp 250.000 per malam, wisatawan bisa mendapatkan layanan tiga kali makan dalam sehari dengan menu halal. Tidak hanya itu, wisatawan juga dimanjakan pemandangan sawah yang membentang luas.

Yuki mengungkapkan bahwa Fatimah sebagai salah satu dari empat pemilik homestay muslim di Lumban Gaol merasa senang dengan kehadiran event F1H20 di Balige. Hal ini karena akan membawa banyak tamu berkunjung ke desanya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com