Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Berburu Sunset di Situ Cipondoh Tangerang, Datang Lebih Awal

Kompas.com - 25/02/2023, 15:32 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Situ Cipondoh di Kota Tangerang tidak hanya memiliki bangunan mirip Sydney Opera House, tapi juga menawarkan pemandangan matahari terbenam (sunset) pada sore hari. 

Panorama sunset yang ada cukup unik karena berpadu dengan pantulan di permukaan danau, ditambah siluet beberapa gedung, kapal yang sesekali lewat, dan atap permukiman warga. 

Baca juga:

Situ Cipondoh buka setiap hari dari pagi hingga malam hari. Bila ingin berburu pemandangan sunset di tempat ini, simak beberapa tipsnya.

Tips menikmati matahari terbenam di Situ Cipondoh

1. Perhatikan cuaca

Masyarakat memadati kawasan wisata Situ Cipondoh di hari libur cuti perayaan tahun baru China atau Imlek 2023, Senin (23/1/2023).KOMPAS.com/Ellyvon Pranita Masyarakat memadati kawasan wisata Situ Cipondoh di hari libur cuti perayaan tahun baru China atau Imlek 2023, Senin (23/1/2023).

Cuaca di wilayah Tangerang bisa tidak menentu. Berdasarkan pengamatan Kompas.com, Kamis (2/2/2023), hujan sempat turun saat pagi menjelang siang hari, namun cerah saat sore hari sehingga memungkinkan untuk melihat sunset.

Oleh sebab itu, jika berniat berburu sunset, pengunjung disarankan mencari tahu ramalan cuaca terlebih dahulu agar tidak kehujanan sesampainya di Situ Cipondoh. 

Jika hujan maka agak sulit mencari tempat berteduh karena sebagian besar area di Situ Cipondoh berkonsep ruang terbuka (outdoor), kecuali di restoran dan tempat nongkrong di sekitarnya.

Tidak hanya itu, jika hujan turun, area jembatan sekaligus jogging track di Situ Cipondoh biasanya akan tergenangi air.

Baca juga: 6 Tips ke Situ Cipondoh Tangerang, Bawa Kantong Sampah dan Uang Tunai

2. Datang lebih awal

Pemandangan menjelang sunset atau matahari terbenam di Situ Cipondoh, Kota Tangerang.KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Pemandangan menjelang sunset atau matahari terbenam di Situ Cipondoh, Kota Tangerang.

Waktu sunset di Situ Cipondoh bisa berubah-ubah, tapi umumnya sekitar 17.00-18.00-an WIB. Pengunjung yang ingin menikmati sunset bisa datang lebih awal, sekitar pukul 14.00-an WIB atau 15.00-an WIB.

Hal itu karena Situ Cipondoh biasanya akan ramai pengunjung dan pedagang saat sore hari, baik pada hari biasa (weekdays) maupun akhir pekan (weekends). 

Keramaian tidak hanya terlihat di tempat wisata, tapi juga di jalan menuju tempat wisata tersebut. Jika datang sedikit lebih sore pada hari biasa, dikhawatirkan akan bersatu dengan pengendara yang baru pulang kerja.

Tidak hanya itu, datang lebih awal juga bertujuan menghindari penuhnya lahan parkir di dalam kawasan Situ Cipondoh, khususnya bila mengendarai kendaraan pribadi.

Baca juga: Cara ke Situ Cipondoh di Tangerang Naik Kendaraan Pribadi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com