Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geser Turkiye, Jepang Jadi Destinasi Incaran di ASTINDO Travel Fair 2023

Kompas.com - 25/02/2023, 16:37 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bila tahun lalu negara Turkiye menjadi destinasi favorit orang Indonesia untuk berlibur di Asia maka pada tahun 2023 destinasi tersebut berganti menjadi Jepang.

Hal itu berdasarkan tingginya antusiasme pengunjung yang memesan tiket dan paket tur ke Jepang dibandingkan dengan ke Turkiye, saat pameran perjalanan ASTINDO Travel Fair 2023 yang berlangsung hingga Minggu (26/2/2023) di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

Baca juga:

Menurut Head of Leisure Panorama JTB, Andini Tirtawisata, hal itu tak lepas dari pelonggaran syarat perjalanan, sekaligus pembukaan perbatasan dari negara-negara di Asia, termasuk Jepang.

"Trennya tahun ini ke Jepang, sudah banyak destinasi yang sudah buka, contoh kayak Jepang, Korea, Singapura, dan negara-negara Asia juga sudah banyak yang buka, jadi makin banyak pilihan buat travelers (pelaku perjalanan) perginya ke mana," ucap dia saat ditemui Kompas.com dalam ASTINDO Travel Fair 2023, Jumat (24/2/2023).

Ilustrasi Turki pada musim dingin.Dok. Pexels/Bhargava Marripati Ilustrasi Turki pada musim dingin.

Hal senada juga disampaikan oleh General Manager Tour Aviatour, Fabio Sulaeman.

Tren berwisata ke Turkiye yang berlangsung sejak tahun lalu, kata dia, tak lepas dari keputusan negara tersebut untuk membuka perbatasannya, saat negara-negara lain masih tutup untuk mencegah penularan Covid-19.

Baca juga:

"Turkiye itu trennya dari April 2022, karena dia jadi salah satu negara yang waktu pandemi Covid-19 negara-negara masih tutup, mereka sudah buka duluan, dia yang pertama, jadi orang-orang Indonesia ingin ke mana sih saat 2022, nah yang pertama buka negara Turkiye, jadi orang berbondong-bondong ke sana," terangnya dalam kesempatan serupa.

Adapun salah satu pengunjung ASTINDO Travel Fair 2023 yang memesan tiket ke Jepang, Niko, mendapat harga Rp 9,5 juta belum termasuk cashback Rp 660.000 dari kartu kredit BCA. 

"Ini untuk tanggal 6 Oktober PP (pergi-pulang), segitu lumayan murah, harganya oke karena ada promo, kita pilih Oktober karena bulan itu lagi musim gugur jadi bagus saja suasananya, dari rumah memang sudah niat," ucap Niko.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com