Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kota Termurah di Eropa, Bisa untuk Backpacker

Kompas.com - 26/02/2023, 18:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Eropa merupakan salah satu destinasi wisata impian para traveler. Bagi para backpacker yang mencari wisata murah, beberapa kota di Eropa bisa menjadi alternatif.

Para backpacker bisa menjelajahi kota termurah di Eropa yang memiliki beragam atraksi wisata populer. Berikut daftar 10 kota termurah di Eropa berdasarkan survei City Costs Barometer yang digelar oleh Post Office pada 2022 lalu.

Baca juga: Eropa Jadi Destinasi Favorit pada Astindo Travel Fair 2023

Post Office adalah perusahaan ritel berbasis di Inggris, yang melayani jasa pengiriman barang dan uang di Eropa. Jaringan ritel tersebut memiliki lebih dari 11.500 cabang di Benua Biru.

Metode survei

Melansir dari laman resminya, Post Office rutin menggelar survei City Costs Barometer tiap tahunnya. Dalam risetnya, Post Office membandingkan 12 komponen biaya untuk liburan singkat di beberapa kota di Eropa.

Komponen biaya itu antara lain tarif akomodasi, makanan, atraksi budaya, tempat wisata, transportasi di kota tujuan, dan lainnya.

Baca juga: Singapore Airlines Travel Fair 2023, Tiket ke Eropa Paling Murah Rp 8 Juta

Biaya tersebut mencakup perjalanan wisata dua malam tiga hari di kota tujuan, tidak termasuk tiket pesawat dari negara asal menuju kota di Eropa.

Adapun, data tarif makanan, atraksi budaya, dan lainnya bersumber dari kantor pariwisata dari kota atau negara yang disurvei. Sementara, harga akomodasi didapatkan dari Hotels.com dan Bookings.com.

Baca juga: 7 Negara Uni Eropa yang Tidak Pakai Mata Uang Euro

10 kota termurah di Eropa

Berikut 10 kota termurah di Eropa versi survei City Costs Barometer oleh Post Office dan Conde Nast Traveller.

1. Athena, Yunani

Senja di situs bersejarah Temple of Poisedon di Athena, YunaniDok. Shutterstock Senja di situs bersejarah Temple of Poisedon di Athena, Yunani

Survei City Costs Barometer oleh Post Office menetapkan Athena, Yunani sebagai kota termurah untuk liburan di Eropa. Menurut survei Post Office, total rata-rata biaya liburan singkat di Athena sebesar 207,18 poundsterling, atau setara Rp 3,77 juta.

Rata-rata biaya berlibur di kota kuno ini turun 15 persen dibandingkan 2021. Beberapa ikon destinasi wisata di Athena, Yunani seperti Parthenon dan Akropolis. 

Baca juga: Yunani Perpanjang Masa Berlaku Paspor Jadi 10 Tahun

2. Lisbon, Portugal 

Selanjutnya, ibu kota Portugal, Lisbon menempati peringkat kedua kota termurah di Eropa untuk liburan. Survei Post Office mencatat total rata-rata biaya liburan singkat di Lisbon sebesar 218,03 poundsterling, atau setara Rp 3,97 juta.

Meskipun Lisbon terkenal dengan restoran ternama, namun backpacker masih bisa bersantap dengan harga murah, seperti dilansir dari Conde Nast Traveller. Beberapa destinasi wisata terkenal di Lisbon antara lain Biara Jeronimos, Kastel St. George,  Praca do Comercio, dan lainnya.

Baca juga: Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Ternyata Ada di Portugal

3. Krakow, Polandia

Kastil Wawel, Krakow, PolandiaDOK. Shutterstock Kastil Wawel, Krakow, Polandia

Krakow merupakan salah satu kota terbesar yang berada di selatan Polandia. Survei Post Office mencatat total rata-rata biaya liburan singkat di Krakow sebesar 218,55 poundsterling, atau setara Rp 3,98 juta.

Krakow pernah menjadi ibu kota Polandia pada masa kerajaan sehingga memiliki bangunan kuno bersejarah. Beberapa destinasi wisata menarik di Krakow antara lain Wawel Royal Castle, Rynek Glowny, Gereja Perawan Maria, dan lainnya. 

4. Riga, Latvia

Kota termurah di Eropa untuk liburan selanjutnya adalah Riga yang merupakan ibu kota Latvia. Survei Post Office mencatat total rata-rata biaya liburan singkat di Riga sebesar 220,32 poundsterling, atau setara Rp 4,01 juta.

Berada di pesisir Laut Baltik dan muara Sungai Daugava, kota ini merupakan pusat budaya, politik, bisnis, dan industri di wilayah Baltik. UNESCO telah menetapkan pusat Kota Riga sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Baca juga: Latvia Terapkan Syarat Tes Covid-19 untuk Pelaku Perjalanan dari China

Beberapa wisata populer di Riga seperti Kota Tua Riga (Vecriga), Central Market, Schwarzhaupterhaus, dan lainnya.

5. Budapest, Hongaria

Budapest, Hongaria.WIKIMEDIA COMMONS/JAKUB HALUN Budapest, Hongaria.

Budapest adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Hongaria. Survei Post Office mencatat total rata-rata biaya liburan singkat di Budapest sebesar 220,95 poundsterling, atau setara Rp 4,02 juta.

Beberapa destinasi wisata menarik di Budapest antara lain Fisherman’s Bastion, Istana Buda, Sungai Danube, Szechenyi Chain Bridge, Matthias Church, dan lainnya. Budapest pernah masuk dalam daftar 20 kota terbaik 2018 versi Conde Nast Traveller.

Baca juga: Unik, Restoran Bintang Michelin di Budapest Sajikan Hidangan di Bianglala

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com