Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf Yakin WSBK 2023 Naikkan Kunjungan ke Mandalika hingga 30 Persen

Kompas.com - 28/02/2023, 18:36 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yakin bahwa jumlah kunjungan wisatawan ke Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan meningkat saat World Superbike (WSBK) 2023.

"Terkait jumlah kunjungan, kita harapkan akan meningkat antara 20 hingga 30 persen," kata Menparekraf saat Weekly Press Briefing, Senin (27/2/2023).

Baca juga:

Kenaikan jumlah kunjungan ke Mandalika diyakini bisa terjadi karena pembangunan infrastruktur yang sudah rampung. 

Berkaca dari pelaksanan MotoGP tahun 2022 di Mandalika, Menparekraf juga yakin acara WSBK akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat lokal.

 

"Produk yang sangat diminati selain kuliner lokal adalah fesyen dan kriya. Kita berharap WSBK kali ini akan mendapatkan respon yang sangat positif," tuturnya.

Ia juga berharap acara WSBK dapat membuka lapangan usaha dan lapangan kerja guna mencapai target pemerintah menciptakan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam di Lombok, ke Pantai hingga Sirkuit Mandalika

Sebelumnya dilaporkan Kompas.com, Jumat (13/1/2023), WSBK adalah ajang balap motor internasional yang akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) pada awal Maret, tepatnya mulai Jumat (3/3/2023) hingga Minggu (5/3/2023).

Ajang balap motor ini akan menjadi salah satu seri pembuka WSBK musim 2023, setelah dua musim sebelumnya menjadi seri penutup.

Baca juga:

Sebelumnya pada 2021 dan 2022, WSBK di Mandalika digelar pada November sebagai seri penutup musim, sedangkan tuan rumah seri pembuka pada saat itu ialah Australia.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan, pemindahan tuan rumah seri pembuka dari Australia ke Indonesia dilakukan karena kemudahan dalam pemindahan keperluan logistik.

WSBK Mandalika 2023 diharapkan dapat menjadi awal pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Mandalika.

Baca juga: Liburan ke Lombok, Bisa Berburu Sunset di Pantai Kuta Mandalika

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com