Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rustic Market, Kawasan Kuliner yang Sejuk di Tengah Kota Surabaya

Kompas.com - 01/03/2023, 15:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada tahun 2022, Surabaya termasuk kota besar ketiga di Indonesia, setelah Jakarta dan Bandung, yang kerap didatangi oleh wisatawan. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan mesin pencarian Google dalam "Year in Search 2022". 

"Tahun 2022 adalah tahun reuni, relaksasi, dan kebangkitan perjalanan," bunyi keterangan resmi dari Google, Rabu (1/3/2023).

Baca juga:

Oleh karena, itu tak heran kalau di Surabaya terdapat banyak tempat wisata yang menarik perhatian warganet. Salah satunya Rustic Market, kawasan kuliner dan industri kreatif di Surabaya.

Rustic Market cukup menarik perhatian, pasalnya kawasan ini mengusung konsep alam yang sejuk dan rindang di jantung Kota Surabaya.

 

Manfaatkan lahan pembuangan sampah

Potret pengunjung makan  di kawasan Rustic Market by Tha Lake.Dok. Instagram @rusticmarket.id Potret pengunjung makan di kawasan Rustic Market by Tha Lake.

Siapa sangka kawasan rindang, estetis, dan nyaman untuk tempat nongkrong ini dulunya merupakan kawasan yang tidak terawat layaknya tempat pembuangan sampah.

"Dulu kawasan ini adalah tempat pembuangan sampah, karena kami tidak punya lahan, jadi kami diberi kepercayaan oleh sebuah instansi untuk mengubah tanah tersebut menjadi kawasan komersil atau kawasan industri kreatif," terang General Manager Rustic Market Oky Andy, kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (28/2/2023).

Oky menjelaskan, sejatinya Rustic Market ialah sebuah usaha yang bergerak di bidang dekorasi, wedding (pernikahan), dan furniture (furnitur).

Akan tetapi, setelah pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan berdampak terhadap para pelaku bisnis, pihak Rustic Market kemudian menciptakan kawasan komersial pada 2015 di pusat Kota Surabaya dengan cara merangkul UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) lokal.

Baca juga: Surabaya Punya Lebih dari 900 Taman, Bisa Jadi Tempat Main Anak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com