Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang KA Tidak Perlu Bawa Bukti Vaksin karena Migrasi PeduliLindungi ke SatuSehat Mobile Lancar

Kompas.com - 02/03/2023, 14:24 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peralihan pengguna aplikasi Peduli Lindungi ke aplikasi SatuSehat Mobile, sejak Rabu(1/2/2023) terpantau lancar.

Tidak ada gangguan proses validasi status vaksin pada sistem ticketing maupun boarding untuk pelanggan KAI.

Pelanggan KAI yang akan boarding di stasiun tidak perlu lagi membawa bukti vaksin dalam bentuk dokumen fisik.

Baca juga: Tiket Kereta Lebaran Sudah Bisa Dibeli, Dianjurkan Lewat Aplikasi

"KAI telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai pihak yang mengelola aplikasi SatuSehat Mobile. Puji Syukur ,proses migrasi berjalan normal semuanya," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam siaran pers yang Kompas.com terima, Kamis (2/3/2023).

KAI sudah integrasikan sistem boarding dengan PeduliLindungi

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa sebelumnya KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi sebagai sistem boarding untuk membantu proses validasi dokumen kesehatan calon penumpang KAI sejak 23 Juli 2021.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Melalui integrasi tersebut, data vaksinasi pengguna jasa KAI akan muncul di layar komputer petugas pada saat proses boarding. Integrasi ini terwujud melalui kerja sama antara KAI dan Kementerian Kesehatan.

"Terintegrasinya aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI bertujuan untuk mempermudah pelanggan, memperlancar proses pemeriksaan dokumen, juga menghindari pemalsuan dokumen," ujar Joni.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kereta Api Lebaran 2023 lewat KAI Access

Penumpang yang hendak naik KA pun tinggal membawa kartu tanda penduduk (KTP) yang sudah menampilkan status vaksinasi saat dipindai.

PeduliLindungi jadi SatuSehat Mobile

Adapun saat ini, aplikasi PeduliLindungi telah dialihkan ke aplikasi SatuSehat Mobile per 1 Maret 2023.

Dikutip dari laman Kompas.com (28/2/2023), pengguna aplikasi Peduli Lindungi cukup memperbarui aplikasi PeduliLindungi di ponsel. Setelah itu menyetujui untuk perubahan akses data ke SatuSehat Mobile.

Ilustrasi aplikasi SatuSehat yang gantikan PeduliLindungi.KOMPAS.com/Yudha Pratomo Ilustrasi aplikasi SatuSehat yang gantikan PeduliLindungi.

Syarat naik kereta api hingga saat ini masih mengacu pada SE Kementerian Perhubungan No 84 Tahun 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022.

Baca juga: Cara ke ICE BSD dari Depok, Bisa Naik Kereta Api

Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan KAI, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com