Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Kapal Ferry Buat Mudik Lebaran 2023 Sudah Dijual

Kompas.com - 04/03/2023, 20:08 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - ASDP (Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry) telah membuka penjualan tiket ferry periode Angkutan Lebaran 2023 sejak 60 hari sebelumnya, mengingat waktu perjalanan libur yang semakin mendekat.

Untuk itu, pengguna jasa penyeberangan, khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, sudah bisa memesan tiket ferry periode mudik Lebaran mulai dari sekarang.

Baca juga:

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengimbau calon pemudik untuk membeli tiket secara online melalui aplikasi dan mitra resmi ASDP.

"Pastikan beli tiket online secara mandiri hanya di website Ferizy, aplikasi Ferizy, atau di mitra resmi ASDP, yaitu Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay (Delima Point)," kata Shelvy dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Sabtu (4/3/2023).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Demi kenyamanan, Shelvy juga mengingatkan calon pemudik agar tidak membeli tiket di calo. Sebab, saat ini penjualan tiket di pelabuhan sudah ditiadakan.

Rencanakan perjalanan dari jauh hari

Guna menghindari antrean, calon pemudik diharuskan sudah mulai rencanakan jadwal keberangkatannya, serta memiliki tiket minimal H-1 berangkat.

"Pengguna jasa yang telah membeli tiket, diminta mengatur waktu di hari -H agar tidak terlambat dan melakukan check in dua jam sebelumnya," imbuh dia.

Kapal laut yang melayani rute penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni (pp) di Selat Sunda.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Kapal laut yang melayani rute penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni (pp) di Selat Sunda.

Sebab, tiket akan kedaluwarsa dan tidak bisa digunakan apabila melewati waktu jadwal masuk pelabuhan.

"Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan," tutur Shelvy.

Baca juga: 10 Tips Naik Kapal Feri bagi Pemula yang Wajib Diketahui

Terakhir, calon pemudik diharapkan mengisi data diri dengan lengkap dan benar untuk manifest.

"Jangan gunakan data diri orang lain. Pastikan data penumpang dan kendaraan tercatat, supaya terlindungi asuransi penyeberangan," pungkasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com