Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Furnitur Berkelas Internasional di Jepara Resmi dibuka

Kompas.com - 07/03/2023, 10:10 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

JEPARA, KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta secara resmi membuka gelaran pameran furnitur terbesar di Indonesia yang bertajuk Jepara International Furniture and Craft Buyer Week 2023 (JIF-BW 2023).

Acara ini digelar di Pendopo Kartini, Kabupaten Jepara, Senin, (6/3/2022). Pameran mebel dan ukir ini disebut akan menyedot banyak wisatwan dan pembeli ke Kota Ukir (julukan Jepara). 

Pembukaan JIF-BW ditandai dengan pemukulan gong dan dilanjutkan pelepasan balon udara oleh Pj Bupati Jepara.

Baca juga: Harga Tiket Kapal Ferry dari Karimunjawa ke Jepara dan Jadwalnya per Maret 2023

Edy mengaku bangga karena pameran internasional bertajuk JIF-BW 2023 dapat terealisasi dan diharapkan secara tak langsung menyokong kesejahteraan para karyawan. 

"Saya minta ini diadakan setiap tahun. Tidak ada lagi kata-kata tidak mampu. Siap?," kata Edy saat membuka acara.

Tantangan menggelar pameran furnitur setiap tahunnya itu pun secara serentak diamini oleh para hadirin terkhusus para pengusaha furnitur dan industri kayu yang menjadi peserta JIF-BW 2023.

Datangkan ribuan wisatawan ke Jepara

Pameran yang diadakan 6 - 19 Maret 2023 tersebut diikuti oleh 114 perajin kayu yang rencananya akan mengundang ribuan wisatawan sekaligus pembeli dari dalam dan luar negeri. 

Hingga kini di laman resmi jifbw.com  telah dikunjungi sekitar 1.800 pengunjung luar negeri dan 48 di antaranya telah terdaftar secara resmi sebagai calon pembeli. Adapun pengunjung terbanyak berasal dari Amerika Serikat dan Perancis.

Baca juga: 5 Resor di Jepara Dekat Pantai, Bisa Nikmati Sunset dan Sunrise

Dalam kesempatan tersebut, Edy berkunjung ke beberapa galeri pamer dan rumah produksi, seperti Bella Art Living di Jalan Pemuda Jepara, dan Kalingga Keling Jati di bilangan Senenan, Tahunan.

Panitia JIF-BW Jamhari mengatakan, para pengusaha atau perajin mebel memamerkan hasil karyanya di tempat usaha, showroom, atau workshop-nya masing-masing. 

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta berkunjung ke galeri furnitur, Bella Art Living di Jalan Pemuda, Jepara usai meresmikan pameran furnitur bertajuk Jepara International Furniture and Craft Buyer Week 2023 (JIF-BW 2023), Senin, (6/3/2022).DOKUMEN JIF-BW 2023 Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta berkunjung ke galeri furnitur, Bella Art Living di Jalan Pemuda, Jepara usai meresmikan pameran furnitur bertajuk Jepara International Furniture and Craft Buyer Week 2023 (JIF-BW 2023), Senin, (6/3/2022).

"Saat ini sudah tercatat sebanyak 112 exhibitors atau pengunjung yang akan mengikuti pameran ini. Jumlah ini juga akan terus bertambah," ungkap Jamhari. 

Ketua Kadin Jepara Andang Wahyu Triyanto berharap pameran furnitur tingkat internasional ini bisa rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

Baca juga: Jadwal dan Harga Tiket Kapal Ferry dari Karimunjawa ke Jepara

Selain hasil karya furnitur di Jepara patut diperhitungkan, juga mengangkat nama Indonesia di kancah dunia.

"Saya selaku anggota DPRD Jateng, juga akan memberikan dukungan," pungkas Andang yang juga anggota Komisi B, DPRD Jateng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com