Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wahana Halilintar di Dufan Berhenti Mendadak di Tanjakan, Ini Sebabnya

Kompas.com - 08/03/2023, 17:17 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini, beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan wahana Halilintar di Dunia Fantasi (Dufan) di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, berhenti di posisi menanjak.

Pihak PT Pembangunan Jaya Ancol menyampaikan, wahana yang dinaiki pengunjung tiba-tiba berhenti karena sensor keamanan mendeteksi adanya gangguan.

Baca juga:

"Hal ini terjadi karena sensor keamanan wahana mendeteksi adanya gangguan sehingga mengaktifkan fungsi pengamanan wahana dan menghentikan kereta di jalur aman evakuasi," ujar Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Ariyadi Eko Nugroho dalam keterangannya kepada Kompas.com, Rabu (8/3/2023). 

Ia menjelaskan, peristiwa yang terekam dalam video itu terjadi pada Selasa (7/3/2023) sekitar pukul 14.00 WIB. 

Lebih lanjut, katanya, sesuai dengan Prosedur Operasional Standar atau SOP, petugas wahana melakukan pemeriksaan secara menyeluruh serta memastikan kendala tersebut sudah teratasi.

Baca juga: 4 Wahana Dufan yang Ramah untuk Penyandang Disabilitas

Wahana sudah beroperasi normal

Dunia Fantasi (Dufan), Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta DOK. Shutterstock/Frans DelianShutterstock/Frans Delian Dunia Fantasi (Dufan), Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta DOK. Shutterstock/Frans Delian

Eko pun menyampaikan permintaan maaf kepada pengunjung atas ketidaknyamanan tersebut.

"Terkait dengan video wahana Halilintar di media sosial yang menunjukan wahana tersebut berhenti di posisi menanjak pada tanggal 7 Maret 2023 sekitar pukul 14.00 WIB, Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pengunjung," kata Eko. 

Ia melanjutkan, saat kejadian, seluruh pengunjung wahana Halilintar sudah dievakuasi sesuai prosedur. Semua pengunjung dalam keadaan baik, tanpa ada cedera sedikit pun.

Baca juga:

Saat itu, petugas melakukan pemeriksaan dan wahana dinyatakan aman. Wahana sudah beroperasi normal kembali pada hari yang sama pukul 14.21 WIB sehingga pengunjung dapat kembali menikmati wahana Halilintar.

"Hari ini dan seterusnya wahana Halilintar tetap dapat dinikmati kembali oleh semua pengunjung Dufan sampai jam operasional Dufan berakhir pukul 17.00 WIB," pungkasnya.

Baca juga: Dufan Ancol Pernah Punya Spirit Doll Raksasa, Eksis dari Tahun 1985

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com