Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bromo Hillside, Kafe di Atas Awan yang Viral dengan Panorama 360 Derajat

Kompas.com - 10/03/2023, 17:05 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Ada kafe di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang baru-baru ini foto dan videonya viral di media sosial.

Kafe itu adalah Bromo Hillside. Keunikan kafe ini hingga viral adalah karena menyajikan panorama 360 derajat ke segala arah.

Berada di ketinggian sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut, Bromo Hillside bahkan disebut sebagai kafe tertinggi di Jawa Timur.

Baca juga: Rubicon Mario Dandy Masuk Bromo meski Kendaraan Komunitas Dilarang, Kok Bisa?

Lokasi Bromo Hillside tepatnya berada di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya dekat dengan pintu masuk ke kaldera atau Lautan Pasir Bromo via Jemplang.

Jarak tempuh menuju kafe ini dari pusat Kota Malang adalah sekitar 40 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 1 jam.

Info tiket masuk Bromo Hillside

Kompas.com sempat berkunjung ke Bromo Hillside pada Kamis (9/3/2023) dan menyaksikan sendiri keindahannya.

Tarif masuk kafe ini paling murah adalah Rp 35.000 (diamond). Wisatawan sudah bisa ke view deck di atap kafe tanpa dapat paket makanan dan minuman.

Kafe viral, Bromo Hillside dengan panorama 360 derajat.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kafe viral, Bromo Hillside dengan panorama 360 derajat.

Sementara harga tiket paling mahal adalah Rp 95.000 (platinum plus) dengan fasilitas lengkap, meliputi welcome drink, welcome snack, makan berat, dan mengunjungi area platinum plus.

Kompas.com membeli tiket termurah Rp 35.000 karena hanya ingin mengunjungi dan menyaksikan panorama di view deck.

Baca juga: Harga Tiket dan Jam Buka Bromo Hillside, Siap-siap Bayar 2 Kali

Meski begitu, wisatawan dengan tiket diamond tetap bisa memesan makanan atau minuman dan menyantapnya di dalam kafe, tentunya bukan di ruang khusus untuk tiket platinum dan platinum plus.

Kafe dengan pemandangan 360 derajat

Satu keunikan yang membuat postingan foto atau video Bromo Hillside viral di media sosial adalah, panorama 360 derajat di view deck.

Berada di dinding kaldera Bromo sisi selatan, pemandangan yang tersaji di atas ke segala arah memang indah.

Mulai dari sisi utara yang menampilkan kaldera Bromo dengan Bukit Widodaren yang memanjang, serta lembah padang sabana dengan diapit bukit dan dinding kaldera.

Kafe viral, Bromo Hillside dengan panorama 360 derajat.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kafe viral, Bromo Hillside dengan panorama 360 derajat.

Memandang ke arah barat, terlihat Kota Malang yang tampak kecil. Keberadaannya seolah dikawal oleh dua gunung tinggi, yakni Arjuno-Welitang di sebelah kanan dan Gunung Kawi di sebelah kiri.

Memandang ke sisi selatan, terlihat atap Pulau Jawa atau puncak Mahameru yang menjulang tinggi di balik bukit. Tampak letusan dari kawah utamanya, Jonggring Saloka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com