Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

F1 Powerboat Danau Toba Bikin Jumlah Penumpang di Bandara di Sumut Naik

Kompas.com - 14/03/2023, 06:04 WIB
Sania Mashabi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, balap perahu super cepat F1H20 atau F1 Powerboat Danau Toba berdampak terhadap kenaikan jumlah penumpang yang datang ke bandara di Medan, Sumatera Utara.

Ia melanjutkan, pada Februari 2023 lalu tercatat sebanyak 29.099 penumpang datang ke Bandara Internasional Silangit dan 485.858 penumpang ke Bandara Internasional Kualanamu.

Baca juga:

"Event (Acara) F1 Powerboat League Toba 2023 sukses. Di mana terjadi kenaikan penumpang di Bandar Udara Internasional Kualanamu dan Silangit," kata Menparekraf dalam Weekly Press Breafing yang disiarkan secara daring, Senin (13/3/2023).

Tingkat keterisian kamar penginapan capai 100 persen

Venue Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1) atau dikenal dengan F1H2O di Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara.Dok. Kementerian PUPR Venue Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1) atau dikenal dengan F1H2O di Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara.

F1 Powerboat Danau Toba 2023 tidak hanya berdampak terhadap bandara, tapi juga tingkat keterisian kamar penginapan.

Adapun tingkat keterisian kamar penginapan di daerah Balige juga disebut sudah mencapai 100 persen.

Hasil survei Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kata Menparekraf, menunjukkan bahwa 17 persen pengunjung memilih menginap di hotel.

Baca juga:

Kemudian 17 persen lainnya memilih tidak menginap alias pergi-pulang, sedangkan 25 persen lainnya menginap di homestay, inn, dan losmen.

Selajutnya 12 persen memilih untuk menginap di tenda glamping (glamour camping), 26 persen di rumah kerabat, dan tiga persen memilih alternatif lain.

"Mayoritas pengunjung menginap selama dua malam dengan persentase 30 persen dan yang tidak menginap alias pulang-pergi sebanyak 26,1 persen," ujar dia.

Baca juga: Wisata Danau Toba Dipromosikan ke Negara-negara Arab dan Afrika Utara

Untuk diketahui, ajang F1 Powerboat Danau Toba 2023 digelar selama tiga hari yakni mulai Jumat (24/3/2023) sampai Minggu (26/2/2023).

Dilaporkan Kompas.com, Minggu (26/2/2023), balap perahu super cepat ini juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo serta jajaran menteri lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com