Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2023 Singkat dan Penuh Makna 

Kompas.com - 14/03/2023, 21:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Umat Hindu akan memperingati Hari Raya Nyepi 2023 pada Rabu, 22 Maret 2023 mendatang. Hari Raya Nyepi 2023 memperingati Tahun Baru Saka 1945.

Salah satu tradisi dalam Hari Raya Nyepi adalah memberikan ucapan selamat yang penuh makna. Semua masyarakat dapat memberikan ucapan selamat Hari Raya Nyepi 2023 kepada umat Hindu yang tengah merayakan.

Baca juga: Hari Raya Nyepi 2023 Tanggal Berapa? Bisa Libur sampai 5 Hari 

Baca juga: Kenapa Ogoh-ogoh Dibakar Saat Perayaan Nyepi, Ini Penjelasannya

Berikut ucapan selamat Hari Raya Nyepi 2023 yang singkat dan penuh makna seperti dirangkum dari sumber Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Kompas.com, Kontan, dan Tribun News.

Makna Hari Raya Nyepi 

Sebelum memberikan ucapan selamat Hari Raya Nyepi 2023, sebaiknya kita lebih dulu memahami makna Hari Raya Nyepi.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Banten, Ida Bagus Alit Wiratmaja menuturkan, makna Hari Raya Nyepi adalah rangkaian upacara peringatan menjelang Tahun Baru Saka bagi umat Hindu. 

Tahun Baru Saka menjadi momentum evaluasi diri bagi umat Hindu atas perjalanan hidup selama setahun ke belakang.

“Peringatan tahun baru membawa konsekuensi logis dilaksanakannya evaluasi kehidupan, terhadap kehidupan tahun yang lalu, sehingga jelas tergambar potret kehidupan kita tahun yang telah lewat,” jelasnya kepada Kompas.com, Selasa (14/3/2023).

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Memberi Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi?

Baca juga: Wisata Gunung Bromo Tutup Total Saat Nyepi 2023

Umat Hindu mengikuti upacara Melasti di Pura Segara Ukir, Pantai Ngobaran, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, D.I Yogyakarta, Selasa (15/2/2022). Acara yang diikuti sejumlah umat Hindu dari D.I Yogyakarta, Jawa Tengah dan Bali itu menjadi sarana penyucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi.Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko Umat Hindu mengikuti upacara Melasti di Pura Segara Ukir, Pantai Ngobaran, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, D.I Yogyakarta, Selasa (15/2/2022). Acara yang diikuti sejumlah umat Hindu dari D.I Yogyakarta, Jawa Tengah dan Bali itu menjadi sarana penyucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi.

Dalam melakukan evaluasi diri tersebut, lanjutnya, umat Hindu memerlukan suasana hening, sepi, dan tenang sehingga dapat melakukan renungan, kilas balik, dan introspeksi terhadap kehidupan yang telah lewat. Proses introspeksi diri tersebut disebut sebagai mulatsalira.

“Setelah mengetahui bagaimana profil kehidupan kita di masa lalu, kita

bisa membuat target kehidupan atau resolusi kehidupan kedepannya guna mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik sesuai amanat kehidupan sebagai manusia,” tuturnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com