Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Bali Mandara Tutup 32 Jam Selama Nyepi, Catat Waktunya

Kompas.com - 16/03/2023, 16:20 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Operasional Jalan Tol Bali Mandara akan tutup sementara selama 32 jam saat Hari Raya Nyepi tahun Saka 1945.

Penutupan akan dimulai Selasa (21/3/2023) mulai Pukul 23.00 Wita.

"Akan dibuka kembali pada hari Kamis (23/3) mulai pukul 07.00 Wita setelah Hari Raya Nyepi," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol I Ketut Adiputra Karang di Kota Denpasar, Bali, Kamis (16/3/2023), seperti dikutip Antara.

Baca juga:

Penutupan jalan tol yang menghubungkan Denpasar dan Bandara I Gusti Ngurah Rai serta kawasan Nusa Dua itu dilakukan dalam rangka menjaga keluruhan tradisi dan kebudayaan Bali, serta sudah dilakukan sejak tahun-tahun sebelumnya.

Penutupan ini dilakukan berdasarkan Surat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat perihal Izin Penutupan Dalam Rangka Hari Raya Nyepi serta Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Bali tentang Hari Libur Nasional, Cuti Bersama dan Dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2023.

"Hal ini adalah salah satu bentuk kepedulian Perusahaan dalam menghargai dan menghormati kearifan lokal dari perayaan Hari Raya Nyepi yang menjadi hari raya besar keagamaan umat Hindu di Bali," ujarnya.

Baca juga: Hari Raya Nyepi 2023 Tanggal Berapa? Bisa Libur sampai 5 Hari 

Masih bisa untuk keadaan darurat

Kendati ditutup selama perayaan Hari Raya Nyepi, namun jalan tol Bali Mandara tetap bisa digunakan untuk situasi darurat, misalnya oleh mobil ambulans dan pemadam kebakaran.

Namun, PT JBT mengimbau para pengemudi kendaraan yang masuk kategori darurat tersebut tetap didampingi pecalang atau instansi terkait, serta jalan sesuai dengan Prosedur Operasi Standar (SOP).

Baca juga: Cara Mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi, Ketahui Waktu yang Tepat 

"Selama Hari Raya Nyepi, juga akan tetap ada petugas tol yang berjaga apabila nantinya ada kendaraan darurat yang melintas. Semuanya akan dijalankan sesuai dengan prosedur dan tidak melanggar SOP maupun awig-awig yang telah ditetapkan," kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com