Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Stasiun Kereta Api di Padang Diresmikan Seusai Revitalisasi

Kompas.com - 17/03/2023, 07:58 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Wali Kota Padang Hendri Septa meresmikan tiga stasiun kereta api pada Kamis (16/3/2023), seusai direvitalisasi.

Ketiga stasiun tersebut antara lain Stasiun Alai, Stasiun Air Tawar, dan Stasiun Lubuk Buaya.

Peresmian ditandai dengan pemukulan gong di Stasiun Alai di Alai Parak Kopi, Padang Utara.

"Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan angkutan kereta api ini sebagai sarana mobilisasi massa di Kota Padang," ujar Hendri di Padang, Sumatera Barat, Kamis, seperti dilansir dari Antara.

Baca juga:

Dikutip dari Tribun Padang, Hendri berharap operasional tiga stasiun ini dapat lebih memudahkan mobilitas masyarakat, mengurangi kemacetan, dan meningkatkan perekonomian.

Di samping itu, adanya kereta api juga diharapkan dapat menunjang aktivitas pariwisata setempat, sehingga masyarakat dan wisatawan memiliki lebih banyak pilihan.

"Ini aset bersama yang dibuat dari anggaran masyarakat dan jangan sampai dirusak," kata dia, seperti dikutip Tribun Padang.

Adapun untuk meningkatkan layanan pengguna jasa kereta api, sebanyak lima stasiun telah direvitalisasi, dengan tiga di antaranya yang diresmikaan saat itu.

Baca juga: Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam di Padang, Ada Batu Malin Kundang

Menurut Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang Supandi, kondisi stasiun-stasiun tersebut saat ini sudah jauh lebih baik dan memenuhi standar pelayanan minimum yang ditentukan.

Beberapa indikatornya adalah ketersediaan ruang tiket, keamanan, toilet, dan mushala.

"Selain itu peron juga sudah tinggi sesuai standar dengan panjang sekitar 100 meter dan dengan panjang ini, tentu rangkaian kereta bisa ditambah sehingga kapasitas angkut juga lebih besar," tuturnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Akan dihubungkan dengan Trans Padang

Hendri menambahkan, nantinya stasiun-stasiyn tersebut juga akan dihubungkan dengan bus Trans Padang untuk memudahkan akses masyarakat menuju stasiun.

"Adanya pembangunan stasiun akan memudahkan masyarakat melakukan perpindahan barang dan orang. Kami bertekad mendukung jalur stasiun yang ada di padang padukan dengan Trans Padang," kata Hendri.

Baca juga: 5 Oleh-oleh Camilan Gurih dan Pedas Khas Padang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com