Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Menara-menara Miring di Dunia

Kompas.com - 17/03/2023, 09:26 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SEMUA orang tahu, Kota Pisa di Toskana, Italia tersohor berkat memiliki campanile alias menara lonceng Katedral Pisa yang kini berdiri miring. Menara itu miring karena tanah lunak sebagai fondasi tidak sanggup menopang menara Pisa untuk tetap tegak dengan sudut ketegakan 90 derajat.

Namun tidak semua orang, termasuk saya, tahu bahwa sebenarnya menara miring yang berada di Pisa bukan cuma satu. Minimal masih ada dua menara lain di Pisa yang berdiri miring, yaitu menara San Michelle degli Scalzi dan menara San Nicola.

Baca juga: Alasan Kenapa Menara Pisa di Italia Miring

Bahkan, Italia memiliki koleksi menara miring bukan hanya di Pisa tetapi juga satu di Roma, dua di Bologna, dan tiga di Venezia yang miring berdasar alasan masing-masing saling beda satu dengan lainnya.

Di Jerman juga ada sekitar minimal sembilan menara miring termasuk Schifer Turm von Suurhusen yang sempat dinobatkan sebagai menara termiring di dunia sebelum diungguli oleh Abu Dhabi.

Belanda yang wilayahnya lebih kecil ketimbang Jerman malah punya minimal sepuluh menara miring.

Ada pula menara yang sengaja dibangun tidak tegak lurus seperti menara yang sengaja dibangun miring di Gravity Discovery Centre, Gringin, Australia atau Puzzling World Park, Wanaka, Selandia Baru, atau menara Olympic Stadium, Montreal yang berfungsi sebagai menara penerang ke seluruh kawasan stadion di bawahnya.

Pemerintah Kota Kolombo, Sri Lanka sedang membangun proyek menara kembar Altair di mana satu menara sengaja dibangun miring, sama halnya dengan menara kembar yang sengaja dibangun miring untuk tujuan estetis sebagai monumen Gerbang Eropa di Madrid, Spanyol.

Dengan sudut kemiringan 18 derajat maka Capital Gate Abu Dhabi untuk sementara memegang rekor dunia sebagai menara termiring yang sengaja dibangun miring oleh manusia.

Meski semula dibangun tidak miring namun menara mercu suar Puerto Morelos di Riviera Maya di Negara Bagian Quintana Roo, Meksiko secara lambat namun pasti memiringkan diri sejak 1967.

Menara Hadba di dekat masjid Nuri di Mosul, Irak utara, kini tinggal kenangan. Menara bersejarah, yang dijuluki Menara Pisa dari Irak itu, telah dirobohkan gerombolan penjahat ISIS pada Rabu (21/6/2017) malam waktu setempat.Iraqi News Menara Hadba di dekat masjid Nuri di Mosul, Irak utara, kini tinggal kenangan. Menara bersejarah, yang dijuluki Menara Pisa dari Irak itu, telah dirobohkan gerombolan penjahat ISIS pada Rabu (21/6/2017) malam waktu setempat.
Sungguh sangat disayangkan bahwa warisan kebudayaan adiluhur dunia seperti menara miring Masjid Agung Al Nuri di Mosul, Irak yang berasal dari abad 12 telah dihancurkan tahun 2017 dalam perang sebagai lanjutan Perang Teluk yang telah membumihanguskan Irak.

Baca juga: Irak Mulai Bangun Kembali Masjid Raya Mosul yang Dihancurkan ISIS

Mohon dimaafkan bahwa naskah ini malah sama sekali tidak menampilkan menara miring yang mungkin berada di Indonesia. Terus terang sebagai warga Indonesia saya justru tidak memiliki data tentang apakah Indonesa memiliki menara miring.

Bagi yang kebetulan tahu bahwa menara miring ada di Indonesia, mohon berkenan memberikan komentar informatif di bagian bawah naskah ini. Terima kasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com