Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenparekraf Targetkan 3.000 Turis Malaysia Kunjungi Indonesia

Kompas.com - 18/03/2023, 07:11 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan 3.000 wisatawan mancanegara (wisman) Malaysia dalam Matta Fair 2023 (Pameran Asosiasi Agen Tur dan Perjalanan Malaysia) di Kuala Lumpur.

"Kita akan harapkan kehadiran kita di sini sesuai target 3.000 pax, mungkin (nilainya) di atas Rp 10 miliar, selama tiga hari (pameran)," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dikutip dari Antara, Jumat (17/3/2023).

Baca juga:

Adapun pemerintah menyasar 7,9 juta wisman ke Indonesia tahun ini. 

Selain itu, jumlah kunjungan wisman dari Malaysia sebelum pandemi Covid-19 melanda adalah 2,7 juta orang. Diharapkan angka tersebut terus mengalami kenaikan.

"Makanya kita kembali ke sini dengan penuh antusiasme dan semangat. Kami melihat ini adalah kolaborasi yang positif dengan dunia usaha, dengan Asita (Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies)," terangnya.

Baca juga: Legoland Malaysia Resort: Cara Beli Tiket dan Harganya per Maret 2023

Ilustrasi Kuil Sam Poh Tong di Ipoh, Malaysia.Dok. UNSPLASH/John T Ilustrasi Kuil Sam Poh Tong di Ipoh, Malaysia.

Pihaknya pun tengah mengembangkan sejumlah rute destinasi wisata baru, di antaranya Pekanbaru-Kuala Lumpur, Pekanbaru-Melaka, Medan-Penang, Pontianak-Kuching, Manado-Kota Kinabalu, atau Ibu Kota Nusantara (IKN)-Kota Kinabalu.

"Jadi ini potensi baru yang kita akan wujudkan, dan kita sangat yakin tahun ini target (wisatawan) mancanegara dari Malaysia akan tercapai," tuturnya.

Baca juga:

Sebelumnya dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (6/3/2023), wisman asal Malaysia jadi yang paling banyak berkunjung ke Indonesia pada Januari 2023. Jumlahnya lebih dari 112.000 orang dengan persentase 15,26 persen.

Selanjutnya di bawah Malaysia secara berurutan ada wisman asal Australia, wisman asal Singapura, wisman asal Timor Leste, dan wisman asal India.

Baca juga: Liburan Irit ke Malaysia, Segini Kisaran Bujetnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com