Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari Berwisata di Kota Borong, Manggarai Timur NTT, Banyak Tempat Menarik

Kompas.com - 18/03/2023, 09:09 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BORONG,KOMPAS.com – Kota Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), punya kekayaan alam untuk aktivitas rekreasi bersama anggota keluarga.

Wisatawan domestik, mancanegara bisa menghabiskan waktu berlibur di beberapa tempat menarik di sekitar Kota Borong.

Ini beberapa destinasi di seputar Kota Borong yang sangat mudah dijangkau. Sehari bisa berwisata beberapa tempat yang tak sulit dijangkau dengan akses jalan yang lumayan bagus.

1. Pantai Bondei

Pantai ini berlokasi di Kelurahan Tanah Rata. Pantai ini berpasir putih dan wisatawan bisa merasakan sensasi ombak dari Laut Sawu.

2. Pantai Lia Mbala

Lokasinya ada di Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong. Pantai berpasir putih, kolam-kolam kecil di sela-sela batu karang dengan gua alam yang berada di sisi Timur.

Kolam-Kolam kecil serupa petak sawah menambahkan keunikan Pantai Lia Mbala, Kel. Kota Ndora, Kec. Borong, Kab. Manggarai Timur, NTT, Kamis, (5/5/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Kolam-Kolam kecil serupa petak sawah menambahkan keunikan Pantai Lia Mbala, Kel. Kota Ndora, Kec. Borong, Kab. Manggarai Timur, NTT, Kamis, (5/5/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Pantai ini sangat unik untuk menikmati senja. Bahkan, dari pantai itu, wisatawan dapat melihat matahari sedang turun ke ribaannya di ujung Barat.

Baca juga: Pantai Pasir Putih Liang Mbala, Spot Berjemur di Manggarai Timur NTT

Dari pantai, tampak Pulau Mules yang berada ditengah laut di Taman Nasional Sawu yang berada di Kabupaten Manggarai. Pantai ini berada dibawah kaki gunung Poco Ndeki.

3. Pantai Borong

Wisatawan bisa berburu matahari terbenam dan juga melihat para nelayan sedang pulau melaut dengan membawa ikan.

4. Muara Waebobo

Wisatawan sebaiknya berwisata pagi untuk menikmati matahari terbit dan berjejeran perahu-perahu milik nelayan.

5. Hutan Bakau Borong

Wisatawan bisa naik menara pandang untuk melihat pohon bakau dan kawasan Hutan Poco Ndeki dan puncak gunung Poco Ndeki.

6. Pantai Cepi Watu

Pantai ini berlokasi di Desa Nanga Labang. Setiap akhir pekan, banyak wisatawan domestik untuk mandi di pantai ini.

Sebanyak 2000 wisatawan domestik dari Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur, NTT, Minggu, (1/1/2023) padati pantai Cepi Watu, Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong, Manggarai Timur. (DOK WARGA MATIM/AMBROSIUS ADIR)KOMPAS.COM/DOK WARGA MATIM/AMBROSIUS ADIR Sebanyak 2000 wisatawan domestik dari Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur, NTT, Minggu, (1/1/2023) padati pantai Cepi Watu, Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong, Manggarai Timur. (DOK WARGA MATIM/AMBROSIUS ADIR)

Selain, ada pondok bermotif rumah adat Manggarai untuk tempat istirahat bersama anggota keluarga. Ada tempat berkonser bagi musisi lokal Manggarai Timur.

7. Persawahan Waereca dan Toka

Wisatawan bisa melihat cara kerja petani yang menanam padi. Selain itu, hamparan sawah yang membentang luas, sangat menyegarkan mata.

8.Pantai Toka

Pantai ini terletak di Desa Nanga Labang yang belum ramai dikunjungi wisatawan karena akses jalan belum memadai. Banyak orang lokal berjalan kaki berwisata di pantai ini serta memancing ikan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com