Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Wisata Medan yang Wajib Dikunjungi, Budaya hingga Kuliner

Kompas.com - 18/03/2023, 22:45 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Kota Medan, Sumatera Utara memiliki sejumlah obyek wisata ikonik. Jika berkunjung ke Medan, wisatawan wajib berkunjung ke tempat wisata tersebut sehingga perjalanannya makin berkesan.

Obyek wisata Medan yang wajib dikunjungi beragam, mulai dari wisata budaya, sejarah, kuliner, dan religi. Ikon wisata di Medan tersebut sudah tersohor hingga luar kota.

Baca juga: 18 Wisata di Medan Lengkap, Tempat Bersejarah hingga Penangkaran Buaya

Baca juga: 10 Wisata Pantai di Medan dan Sekitarnya, Ada yang Mirip Bali

Obyek wisata Medan yang wajib dikunjungi

Berikut sejumlah obyek wisata Medan yang wajib dikunjungi seperti dihimpun Kompas.com.

1. Istana Maimun 

Istana Maimun di Medan. SHUTTERSTOCK/AKHMAD DODY FIRMANSYAH Istana Maimun di Medan.

Istana Maimun merupakan salah satu ikon wisata Kota Medan. Istana yang dibangun pada 1988 ini merupakan peninggalan Kerajaan Deli yang dipimpin Sultan Al Rasyid Perkasa Alamsyah, seperti dikutip dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara.

Nama Maimun diambil dari nama permaisuri sultan yang bernama Siti Maimunah. Sebab, istana ini adalah lambang cinta sultan kepada permaisurinya, seperti dikutip dari Kompas.com (26/6/2022).

Bangunan Istana Maimun sangat kental dengan nuansa Melayu dan Islam. Lokasi Istana Maimun berjarak sekitar 4 kilometer (km) dari pusat Kota Medan.

2. Masjid Raya Al Mashun

Masjid Raya Al-Mashun menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota MedanKompas.com/Silvita Agmasari Masjid Raya Al-Mashun menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota Medan

Sekitar  1 km dari Istana Maimun, wisatawan bisa menjumpai destinasi wisata religi, yakni Masjid Raya Al Mashun. Masjid ini merupakan peninggalan Kesultanan Deli yang dibangun pada 1906, seperti dikutip dari Jakarta Islamic Center

Gaya arsitektur Masjid Al Mashun menggabungkan corak Timur Tengah, India, hingga Spanyol. Bangunan Masjid Raya Al Mashun cukup unik karena berbentuk segi delapan.

Luas masjid besar di Medan ini mencapai 5.000 meter persegi dan mampu menampung hingga 2.000 jamaah.

3. Tjong A Fie Mansion

Salah satu sudut menarik di dalam Tjong A Fie Mansion.SHUTTERSTOCK/nizar kauzar Salah satu sudut menarik di dalam Tjong A Fie Mansion.

Tjong A Fie Mansion adalah seorang saudagar dan filantropis asal China yang menetap di Medan. Sosoknya dikenal karena membangun pertokoan sepanjang Jalan Kesawan (sekarang Jalan Ahmad Yani) dan berperan dalam membangkitkan perekonomian di kota Medan, seperti dikutip dari Kompas.com (7/6/2022).

Melansir laman resminya, Tjong A Fie Mansion merupakan kediaman Tjong A Fie. Bangunan Tjong A Fie Mansion terdiri dari dua lantai dengan 35 kamar.

Baca juga: Jokowi Resmikan Terminal Amplas Medan, Ini 5 Tempat Wisata Terdekatnya

Baca juga: 7 Wisata Alam di Medan, Ada Penangkaran Buaya Terbesar di Asia Tenggara

Obyek wisata satu ini wajib dikunjungi wisatawan yang ingin melihat bangunan bersejarah di Medan. Bangunan yang dibangun pada 1895 ini, telah diakui sebagai bangunan warisan budaya dan museum.

Gaya arsitektur Tjong A Fie Mansion memiliki pengaruh China, Melayu, dan Art Deco. Wisata budaya dan sejarah seluas 8.000 meter persegi ini berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 105, di Kesawan, Kota Medan.

4. Ucok Durian

Ucok Durian di Medan, Sumatera Utara.KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Ucok Durian di Medan, Sumatera Utara.

Wisata kuliner di Ucok Durian wajib masuk bucket list traveler yang datang ke Medan. Ucok Durian merupakan salah satu penjual durian legendaris di Kota Medan.

Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah mampir ke toko durian yang berada di Jalan K.H. Wahid Hasyim Nomor 68, Babura, Kota Medan ini. 

Beberapa produk di Ucok Durian yang wajib dicicipi pencinta durian antara lain durian kupas, pancake durian, es durian, kolak durian, dan lainnya.

5. Toko Pusat Bolu Meranti

Bolu Meranti salah satu kuliner khas Medan.Dok. bolumeranti.co.id Bolu Meranti salah satu kuliner khas Medan.

Bicara wisata kuliner, berkunjung ke Medan tidak lengkap rasanya tanpa membeli Bulo Meranti. Traveler juga bisa membeli Bolu Meranti untuk oleh-oleh keluarga atau teman.

Toko Pusat Bolu Meranti berada di Jalan Kruing Simpang Razak Nomor 7C, Kota Medan. Toko ini memiliki beberapa cabang di Kota Medan.

Ada berbagai varian Bolu Meranti yang bisa dipilih pengunjung, seperti Bolu Meranti rasa keju, rasa coklat, dan kacang. Harga Bolu Meranti bervariasi mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 115.000 per produk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com