Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran 2023, Kemenparekraf Rilis Booklet Mudik Jelajah Masjid

Kompas.com - 27/03/2023, 17:30 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan E-Booklet Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja. 

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, referensi tempat wisata masjid dianggap tepat karena dibutuhkan masyarakat, terutama saat mudik. 

Baca juga:

"Ini smart (cerdas) banget karena masjid itu (untuk) orang selama mudik perlu istirahat dan shalat," kata Menparekraf dalam acara Weekly Press Briefing, Senin (27/3/2023).

Masjid-masjid ini, katanya, bisa dijadikan paket wisata untuk selling point (nilai jual) yang akan mendorong pergerakan wisatawan. 

E-Booklet Mudik Jelajah Masjid untuk beri informasi seputar masjid

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Vinsensius Jemadu menyebutkan tiga tujuan peluncuran E-Booklet Mudik Jelajah Masjid.

Pertama, memanfaatkan momen mudik guna memberikan informasi seputar masjid yang unik dan akan dilalui sepanjang jalur mudik.

"Ini kesempatan untuk memberikan informasi apa saja yang akan dilalui di jalur mudik, terutama terkait dengan masjid yang punya selling point atau punya experience (pengalaman) unik," kata Vinsen. 

Sejumlah warga berada di pelataran masjid usai peresmian Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Jumat (30/12/2022). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Masjid Raya Al Jabbar sekaligus menggelar Salat Jumat perdana di Masjid Raya tersebut. Dok. ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI Sejumlah warga berada di pelataran masjid usai peresmian Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Jumat (30/12/2022). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Masjid Raya Al Jabbar sekaligus menggelar Salat Jumat perdana di Masjid Raya tersebut.

Kedua, kata dia, sebagai bentuk diversifikasi produk wisata, di samping wisata alam dan budaya. Dalam hal ini masjid sebagai salah satu produk wisata minat khusus dengan segmen pasar yang besar.

Tujuan terakhir, Vinsen menyampaikan, adalah agar Indonesia bisa meraih posisi pertama dalam peringkat Global Muslim Travel Index 2023. Adapun sebelumnya Indonesia masih di posisi kedua, di bawah Malaysia. 

Ada 27 masjid di empat jalur mudik

Dalam e-booklet tersebut, ada 27 daftar masjid yang tersebar di sepanjang empat titik jalur mudik.

Keempatnya yaitu di jalur Trans Sumatera, jalur Pantura, jalur Pansela, dan jalur Trans Jawa.

Baca juga:

Tak hanya berisi informasi seputar masjid yang unik dan menarik, booklet ini juga memberikan referensi wisata yang ada di sekitar masjid. 

"Booklet ini bukan cuma berisi informasi masjid, tapi juga menyampaikan beberapa destinasi atau potensi pariwisata di sekitar masjid," ujar Tim Konsultan Penyusunan E-Booklet Fakhira Shabira. 

Oleh sebab itu, kata dia, pemudik bukan cuma bisa mengunjungi masjid, tetapi juga dapat mampir ke potensi wisata di sekitar masjid tersebut. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com