Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Ngabuburit di Kota Tua Jakarta, Jangan Datang Terlalu Sore

Kompas.com - 27/03/2023, 22:09 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kawasan Kota Tua di Jakarta Barat bisa jadi salah satu lokasi ngabuburit, apalagi bila kamu suka wisata sejarah.

Ada sederet aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan di Kota Tua, seperti nongkrong hemat di Taman Fatahillah, mengunjungi museum-museum ikonis di sekitarnya, dan berburu takjil murah meriah di food court terdekat buat berbuka puasa.

Baca juga:

Menurut salah seorang petugas keamanan Kota Tua, Muhammad Ali, Kota Tua tutup pukul 20.00 WIB selama bulan Ramadhan 2023.

"Tutup kawasan jam delapan malam khusus Ramadhan, lima menit sebelumnya sudah woro-woro bunyi sirine," ucap Ali saat ditemui Kompas.com di lokasi, Sabtu (25/3/2023).

Nah, buat kamu yang mau ngabuburit ke Kota Tua, berikut Kompas.com rangkum sejumlah tips berdasarkan pantauan di lapangan:

Tips ngabuburit di Kota Tua Jakarta

1. Naik KRL

Stasiun Jakarta Kota, stasiun terdekat dari Museum FatahillahDOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Stasiun Jakarta Kota, stasiun terdekat dari Museum Fatahillah

Cara paling efektif untuk menjangkau Kota Tua adalah dengan naik KRL Commuter Line.

Sebab, jarak stasiun terdekat yakni Stasiun Jakarta Kota dengan kawasan wisata Kota Tua hanya sekitar 500 meter bila berjalan kaki.

Ongkos yang akan dikeluarkan saat memakai KRL pun jauh lebih murah, mulai Rp 3.500.

Selain itu, bila dibandingkan dengan naik bus TransJakarta, naik KRL juga lebih efisien lantaran rute perjalanan tidak akan berputar-putar.

Ditambah lagi, jelang waktu berbuka puasa yang bertepatan dengan jam pulang kerja, tentunya akan menambah durasi perjalanan akibat kemacetan lalu lintas.

Baca juga: Ngabuburit di Kota Tua Jakarta, Bisa Apa Saja?

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com