Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Masjid Tertua di Dunia, Ada yang Berada di China

Kompas.com - 28/03/2023, 13:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Masjid tertua di dunia menjadi saksi penyebaran Islam di seluruh penjuru dunia. Mayoritas masjid tertua di dunia berada di Timur Tengah yang merupakan tempat kelahiran Islam.

Masjid tertua di dunia tersebut masih berdiri hingga saat ini setelah mengalami beberapa kali renovasi. Umat Islam dari seluruh penjuru dunia mendatangi masjid tertua tersebut untuk ibadah sekaligus ziarah melihat saksi kelahiran Islam.

Baca juga: 8 Masjid Tertua di Pulau Jawa, Ada yang Usianya 735 Tahun

Baca juga: 10 Masjid Tertua di Indonesia, Usianya Mencapai Ratusan Tahun 

Masjid tertua di dunia

Berikut daftar masjid tertua di dunia seperti dihimpun Kompas.com dari laman Halal Trip dan The Culture Trip

1. Masjidil Haram

Masjidil Haram di MekkahWikimedia Commons Masjidil Haram di Mekkah

Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi adalah masjid tertua di dunia, seperti dilansir dari Halal Trip. Namun, tanggal pembangunan Masjidil Haram tidak diketahui secara pasti.

Sebuah riwayat menyebutkan bahwa sejarah Masjidil Haram bermula ketika Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail membangun tempat ibadah di Mekkah. Riwayat lainnya menyebut Masjidil Haram sudah ada bahkan sebelum Nabi Adam dan Hawa datang ke dunia.

Masjidil Haram merupakan salah satu tempat suci umat Islam. Terdapat Kabah di dalam area masjid yang merupakan kiblat umat Islam di seluruh dunia.

Muslim dari seluruh dunia mendatangi Masjidil Haram untuk menunaikan ibadah haji dan umrah, sehingga tempat suci ini selalu dipadati oleh para peziarah.

2. Masjid Nabawi 

Masjid Nabawi di Kota Madinah, tempat Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar As Sidiq dimakamkan.Shutterstock Masjid Nabawi di Kota Madinah, tempat Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar As Sidiq dimakamkan.

Selain Masjidil Haram, Masjid Nabawi merupakan tempat suci umat Islam. Masjid Nabawi dibangun oleh Nabi Muhammad SAW setelah hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Usia masjid ini diperkirakan mencapai 1.400 tahun. Dalam perjalanannya Masjid Nabawi sudah mengalami banyak renovasi serta perluasan.

Umat Islam mengunjungi Masjid Nabawi untuk berziarah sekaligus mengunjungi makam Nabi Muhammad SAW.

3. Masjid Al Aqsa

Masjidil Aqsa.Shutterstock Masjidil Aqsa.

Masjid Al Aqsa merupakan tempat suci bagi umat Islam setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Masjid yang berada di Yerusalem ini dibangun pada 705 masehi.

Masjid ini menjadi tempat suci bagi umat Islam karena merupakan bagian dari perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW saat menerima perintah shalat dari Allah SWT.

Masjid Al Aqsa juga pernah menjadi kiblat umat Islam sebelum akhirnya pindah ke Kabah di Masjidil Haram, Mekkah.

Baca juga: Daftar 27 Masjid di 4 Jalur Mudik, Ada Masjid Raya Al-Jabbar

Baca juga: Masjid Al Jabbar Kini Punya Galeri Rasulullah dan Sejarah Islam Nusantara

4. Masjid Agung Sana’a

Masjid Agung Sana’a berada di Kota Tua Sana’a di Yaman. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid  Al Jami Al Kabir bi Sana’a.

Masjid ini diperkirakan dibangun pada abad ke-7 hingga ke-8. Menurut sejarah, lokasi masjid dulunya adalah Istana Ghundam yang dibangun ulang sebagai masjid usai penyebaran Islam meluas di  tanah tersebut. 

Salah satu masjid tertua di dunia ini masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

5. Masjid Uqba

Masjid Uqba di di Kairouan, TunisiaWikimedia Commons Masjid Uqba di di Kairouan, Tunisia

Masjid Uqba juga dikenal sebagai Masjid Agung Kairouan, karena berada di Kairouan, Tunisia. Kota ini telah ditetapkan sebagai kota Warisan Dunia UNESCO.

Masjid Uqba  dibangun oleh Jenderal Arab Uqba Ibnu Nafi pada 670 bersamaan dengan pendirian Kota Kairouan.

Masjid Agung Kairouan berdiri di atas lahan seluas 9000 meter persegi, dengan tembok dinding sangat besar dan sembilan gerbang utama. Pada ujung utara halaman tengah berdiri menara masjid setinggi 31,5 meter.

Menara Masjid Uqba merupakan salah satu menara masjid tertua di dunia. Desan Masjid Uqba tersebut menjadi insipirasi bagi seluruh bangunan masjid di wilayah Maghreb.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com