Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata ke Pantai Tanjung Bendera NTT, Bisa Berkuda dan Jelajah Sabana

Kompas.com - 28/03/2023, 20:37 WIB
Markus Makur,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com – Kawasan Taman Nasional Laut Sawu di sisi selatan Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki deretan pantai berpasir putih. Salah satunya Pantai Tanjung Bendera. 

Pantai ini berlokasi di Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba. 

Baca juga:

"Saya bersama teman-teman sering berakhir pekan di pantai berpasir putih Tanjung Bendera. Selain itu, saya sering pergi memancing ikan di pinggir pantai tersebut," ujar salah seorang warga Manggarai Timur, Albertus Nandul, kepada Kompas.com, Selasa (28/3/2023).

Di pantai tersebut, kata dia, wisatawan bisa melintasi padang penggembalaan ternak milik warga setempat. 

Mereka juga bisa menyewa kuda milik warga untuk berwisata di pantai tersebut, khususnya bila mereka mahir menunggang kuda. 

Baca juga: Pesona Pantai Ronting di NTT, Tenang untuk Nikmati Sunset

Wisatawan lokal dari Kabupaten Ngada dan Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur berwisata di Pantai Mbolata, Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Senin, (26/12/2022) di hari Libur Natal. (KOMPAS.com/MARKUS.MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Wisatawan lokal dari Kabupaten Ngada dan Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur berwisata di Pantai Mbolata, Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Senin, (26/12/2022) di hari Libur Natal. (KOMPAS.com/MARKUS.MAKUR)

Selain itu, wisatawan juga bisa menaiki sepeda motor atau mobil untuk melintasi padang sabana Mausui.

"Pantai berpasir putih Tanjung Bendera sangat unik dengan keindahan tanjungnya. Uniknya, wisatawan melintasi padang sabana Mausui yang berada di bawah kaki Gunung Komba," kata Albertus.

"Padang sabana ini sangat luas hingga sampai di Nangarawa, Desa Bamo, Kecamatan Kota Komba," imbuhnya.

Baca juga:

Selain Pantai Tanjung Bendera, ada beragam pantai lainnya yang bisa dikunjungi, antara lain Pantai Sawah Garam, Pantai Mbolata, dan Pantai Waewole.

Ada pula Pantai Nangarawa di Desa Bamo, Pantai Bondei di Kelurahan Tana Rata, dan Pantai Lia Mbala di Kelurahan Kota Ndora. Dari deretan pantai ini, wisatawan bisa menikmati panorama Gunung Komba dan Poco Ndeki. 

Baca juga: Bunga Teratai Rana Tonjong di Manggarai Timur, NTT Mulai Mekar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com