Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Auckland-Denpasar Dibuka, Menparekraf Targetkan 150.000 Turis

Kompas.com - 03/04/2023, 20:13 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyambut positif pembukaan penerbangan langsung pergi-pulang (PP) Auckland-Denpasar.

Ia menilai pembukaan penerbangan ini berpotensi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Selandia Baru ke Indonesia.

Baca juga:

"Kita targetkan dalam dua hingga tiga tahun ke depan kita bisa menarik angka sampai 150.000 kunjungan wisman Selandia Baru," kata Menparekraf dalam Weekly Press Briefing, Senin (3/4/2023).

Adapun jumlah kunjungan wisman asal Selandia Baru sebelum pandemi mencapai lebih dari 131.000 kunjungan, sedangkan saat ini angka kunjungan wisman tersebut masih di angka 40.000-80.000 kunjungan.

Baca juga: Auckland, Kampung Halaman Rose Blackpink yang Punya 50 Gunung Berapi

Wisman asal Selandia baru, lanjutnya, termasuk kategori wisman yang berkualitas dan selalu memberikan dampak positif terhadap pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di indonesia.

"Length of stay (lama tinggal) wisman asal Selandia Baru ini mencapai 10 sampai 13 hari, dan uang yang dikeluarkan rata-rata sekitar 20,6 juta," ujarnya.

Ilustrasi Selandia Baru - Pemandangan Kota Auckland di Selandia Baru.SHUTTERSTOCK / By Sorang Ilustrasi Selandia Baru - Pemandangan Kota Auckland di Selandia Baru.

Sebelumnya, dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (30/3/2023), maskapai penerbangan Air New Zealand telah membuka penerbangan rute Auckland-Denpasar PP pada Rabu (29/3/2023).

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan menuturkan bahwa pembukaan penerbangan tersebut memberi angin segar bagi sektor aviasi dan pariwisata Pulau Dewata.

Hal ini karena selama tiga tahun penerbangan tersebut ditutup karena terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga:

Adapun pesawat dari Auckland yang telah tiba di Bali yaitu pesawat Boeing 787-9 dengan nomor penerbangan NZ64 yang mengangkut 255 penumpang dari Auckland menuju Bali pukul 15.35 Wita.

Kemudian pesawat tersebut kembali menuju Auckland pada pukul 17.50 Wita dengan mengangkut 150 penumpang.

"Pesawat ini beroperasi tiga kali sepekan, yaitu Rabu, Jumat, dan Minggu. Kita berharap ini bisa ditingkatkan," pungkas Sandiaga.

Baca juga: Video Komedi, Cara Selandia Baru Ajak Turis Tidak Berpose Seperti Influencer

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com