Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aceh Ramadhan Festival Hadir Lagi, Digelar Selama 9-13 April 2023

Kompas.com - 04/04/2023, 16:39 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menggelar agenda tahunan Aceh Ramadhan Festival (Ramfest) di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh yang akan dilaksanakan selama 9-13 April 2023.

“Aceh Ramadhan Festival akan bertransformasi menjadi sebuah event religi yang sangat khas dan menggambarkan citra Aceh sebagai Serambi Mekkah,” kata Kadisbudpar Aceh Almuniza Kamal di Banda Aceh, Selasa (4/4/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Megahnya Payung Raksasa Masjid Baiturrahman Aceh, Buka Lengkap Setiap Jumat

Nantinya, akan ada sejumlah kegiatan dalam rangkaian acara Aceh Ramfest dengan menggandeng sejumlah pihak, seperti pelajar, santri, pelaku seni dan budaya, komunitas, serta UMKM.

Aceh Ramfest ditargetkan dapat mengundang hingga 100.000 pengunjung ke lima titik lokasi berbeda, yakni Masjid Raya Baiturrahman, Lapangan Eks Hotel Aceh, Pasar Takjil Jalan Garuda, Pasar Takjil Makam Pahlawan Peuniti, serta Pasar Takjil Peunayong.

Pengunjung bisa menyaksikan berbagai atraksi sejak sore hari, seperti kirab Ramadhan, pawai idang talam, serta parade sepeda, motor, dan vespa hias yang bakal melintasi kompleks Masjid Raya Baiturrahman.

Baca juga:

Adapun Aceh Ramfest 2023 mengambil tema "Perjalanan Spiritual di Serambi Mekkah" sebagai bentuk kampanye menyongsong Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VIII pada Agustus mendatang.

“Rangkaian Aceh Ramfest tahun ini lebih menitikberatkan pada berbagai pengalaman, kajian keagamaan dan pelestarian tradisi dan budaya yang melekat pada bulan Ramadhan, sehingga dapat menjadi daya tarik wisatawan nusantara dan mancanegara,” ujar Almuniza.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Adapun Aceh Ramfest sudah dinobatkan sebagai salah satu event nasional yang masuk ke dalam 100 besar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com