Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Jami Al-Ma'mur di Cikini, Berdiri sejak 130 Tahun Lalu

Kompas.com - 05/04/2023, 15:12 WIB
Sania Mashabi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelukis terkenal Sjarif Boestaman atau yang dikenal dengan nama Raden Saleh memilik banyak barang yang tersimpan di daerah Cikini, Jakarta Pusat.

Salah satu peninggalan yang masih ada adalah Masjid Jami Al-Ma'mur yang terletak di Jalan Raden Saleh Raya Nomor 30, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Pemandu Perjalanan Wisata Kreatif Jakarta, Ira Lathief, masjid yang dibangun pada 1890 itu merupakan surau atau mushala pada masa awal pembangunannya.

"Ini awalnya surau dan akhirnya dipugar atau diperbarui," kata Ira dalam tur Jelajah Masjid oleh Wisata Kreatif Jakarta di Masjid Al-Ma'mur, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (1/4/2023).

Baca juga:

Tempat berkumpulnya para tokoh

Masjid Jami Al-Ma'mur pernah menjadi tempat berkumpulnya para tokoh nasional, seperti Agus Salim, HOS Tjokroaminoto, dan KH Mas Mansyur.

Ira mengatakan, surau itu awalnya dibangun di kawasan rumah milik Raden Saleh. Namun, setelah tanahnya dijual oleh saudagar Arab Sayed Abdullah Alatas, bangunan itu dipindahkan.

Saat masih dimiliki Abdullah, masjid itu pernah bersengketa dengan yayasan Belanda bernama Yayasan Emma.

Penjelasan Sejarah Masjid Jami Al-Ma'mur, Cikini, Jakarta PusatKOMPAS.com/SANIA MASHABI Penjelasan Sejarah Masjid Jami Al-Ma'mur, Cikini, Jakarta Pusat

Yayasan Emma kala itu sudah membeli kawasan yang sekarang bernama Raden Saleh Raya, tempat beradanya Masjid Jami Al-Ma'mur.

Karena merasa sudah membeli lahan itu, Yayasan Emma ingin membongkar masjid tersebut.

"Ini dibilangnya tetap jadi lahannya PGI Cikini, enggak boleh ada masjid," ujar Ira.

Baca juga:

Hal itu lalu ditentang oleh Agus Salim, HOS Tjokroaminoto, dan KH Mas Mansyur, Mereka pun melakukan segala macam cara untuk mempertahankan masjid milik Raden Saleh.

Setelah perlawanan yang panjang, akhirnya Masjid Al-Ma'mur tidak jadi dibongkar.

Masjid dipugar

Setelah masjid tidak jadi dibongkar, lanjut Ira, pada 1926 masyarakat daerah tersebut atau yang biasa dikenal dengan masyarakat Cikini Binatu bahu-membahu melakukan pemugaran masjid.

Masing-masing dari mereka mengumpulkan segenggam beras, kemudian menjualnya. Hasil penjualannya digunakan untuk pemugaran Masjid Al-Ma'mur.

Baca juga: Pempek Megaria, Kedai Pempek Legendaris Sejak 1989 di Bioskop Metropole Cikini

Dilansir dari laman resmi Dinas Kebudayaan Jakarta, setelah beberapa kali mengalami pemugaran, Masjid Jami Al Ma'mur diresmikan oleh Agus Salim pada 1932.

Masjid Jami Al-Ma'mur, Jalan Raden Saleh Raya Nomor 30, Cikini, Menteng, Jakarta PusatKOMPAS.com/SANIA MASHABI Masjid Jami Al-Ma'mur, Jalan Raden Saleh Raya Nomor 30, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com