Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Foto Shalat Id Berlatar Pemandangan Gunung, Ini Lokasi Garung Wonosobo

Kompas.com - 08/04/2023, 09:09 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Belakangan ini, tengah viral foto dan video shalat Idul Fitri dengan pemandangan indah Gunung Sindoro.

Salah satu akun Instagram pendakian @mountnesia memposting foto itu pada Sabtu (8/4/2023) sekitar pukul 03.26 WIB dan langsung mendapat hampir 10.000 suka dalam 1 jam.

Caption postingan mengatakan bahwa foto dan video shalat Id itu sempat viral pada tahun lalu atau 2022.

Baca juga: Embung Kledung yang Indah di Antara Gunung Sumbing dan Sindoro

Dalam caption, juga tercantum bahwa lokasi shalat Id dengan pemandangan indah itu adalah di daerah Garung, Wonosobo, Jawa Tengah.

Kompas.com sempat beberapa kali berkunjung ke daerah Garung, Wonosobo yang juga merupakan gerbang pendakian menuju Gunung Sumbing.

Lokasi Garung, Wonosobo

Menurut penelusuran Kompas.com, lokasi tempat shalat Id dengan pemandangan indah itu tepatnya berada di Dusun Garung, Desa Butuh, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Dusun Garung berada di dekat dengan jalan utama Temanggung-Wonosobo dan dekat gerbang masuk Kabupaten Wonosobo setelah Rest Area Kledung.

Tangkapan layar postingan Instagram, shalat Id dengan pemandangan indah, Sabtu (8/4/2023).INSTAGRAM.com/MOUNTNESIA Tangkapan layar postingan Instagram, shalat Id dengan pemandangan indah, Sabtu (8/4/2023).

Dari pusat Kota Wonosobo, ikuti jalan utama ke arah Temanggung via Kledung yang berada di antara Gunung Sumbing dan Sindoro.

Terus lurus ikuti jalan utama. Sesampainya di Kantor Desa Butuh (kanan jalan) sebelum Gapura Perbatasan Wonosobo-Temanggung, belok kanan.

Baca juga: Puncak Botorono Temanggung, Keindahan di Antara Gunung Sumbing dan Sindoro

Lurus terus, maka itulah Dusun Garung, Desa Butuh, Wonosobo. Tepat di samping Basecamp Sumbing via Garung, terdapat lapangan dengan pemandangan indah ke arah Gunung Sindoro.

Kebetulan letak Gunung Sindoro berada di sisi barat laut Dusun Garung, sehingga tidak jauh dari arah hadap mereka yang shalat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com