Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata di Kotabaru Kalimantan Selatan, Jetski hingga Diving di Pantai

Kompas.com - 09/04/2023, 14:02 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Kotabaru adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan.

Kabupaten ini berjarak sekitar 300 kilometer (km) dengan lokasi bakal ibu kota baru Indonesia yaitu Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Baca juga: Kalimantan Selatan Targetkan Lebih dari 11,2 Juta Kunjungan Wisatawan pada 2023

Diproyeksikan menjadi salah satu kota penyangga IKN, Kabupaten Kotabaru menggantungkan sumber ekonomi, salah satunya dari sektor pariwisata. 

Apalagi, kekayaan dan keindahan untuk pariwisata di Kotabaru memang sangat didukung dari faktor alamnya, seperti disampaikan oleh Bupati Kotabaru Kalimantan Selatan, Sayed Jafar Al-Idrus.

"Pariwisata alam (di Kotabaru) cukup indah, sehingga membuat wisatawan nasional dan mancanegara bisa berkunjung dan meningkatkan pendapatan daerah," ujar Sayed kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (6/4/2023). 

Ragam wisata di Kotabaru Kalsel

Beberapa wisata yang menurut Sayed tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kotabaru, di antaranya Siring Laut, Pantai Gedambaan, Hutan Meranti, hingga Bukit Mamake

"Kalau di dalam kota ada Siring Laut. Kemudian ada pantai Gedambaan, Bukit Mamaka, sama Bukit Papake," kata dia

Ada pula wisata Hutan Meranti Putih yang terdiri dari kayu-kayu meranti putih di Indonesia yang umumnya sudah punah. Kayu meranti itu masih dilestarikan di Kotabaru

Sayed menjelaskan, beberapa tempat wisata itu cukup mudah dijangkau dari kota, yaitu sekitar 15-30 menit naik kendaraan sewa (charter) atau taksi yang direncanakan ke depannya. 

Baca juga: Goa Batu Hapu Kalimantan Selatan, Situs Geologi dengan Banyak Pesona

Beberapa destinasi yang juga tak kalah indah, tetapi agak jauh dari kota, di antaranya Teluk Tamiang, Teluk Aru, dan Tanjung Kunyit

"Kalau yang jauh ada Teluk Tamiang, sama Teluk Aru dan Tanjung Kunyit tempatnya diving. Bisa lihat terumbu karang kedalaman 50, 100, sampai 500 meter," tuturnya. 

Di beberapa tempat tersebut, ujar Sayed, pasir putih dengan ombak besar dan angin sepoi-sepoi akan menyambut para wisatawan. 

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com