Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Obyek Wisata di Jateng Ini Diprediksi Bakal Diserbu Pengunjung

Kompas.com - 09/04/2023, 18:16 WIB
Titis Anis Fauziyah,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah memperkirakan sejumlah destinasi wisata bakal ramai dikunjungi jutaan wisatawan pada masa libur Lebaran 2023 ini.

Obyek wisata keluarga diprediksi bakal menjadi destinasi utama bagi wisatawan pada libur Hari Raya Idul Fitri. Sebab, periode liburan tersebut adalah momen bagi banyak orang berkumpul bersama keluarga besar.

"Dikarenakan tipe wisatawan adalah keluarga dan berasal dari luar daerah, destinasi wisata utama yang akan dikunjungi oleh para wisatawan adalah yang sudah populer di masing-masing kabupaten/kota," ujar Kepala Seksi Pengembangan Daya Tarik Wisata Disporapar Jateng Riyadi Kurniawan, Jumat (7/4/2023).

Baca juga:

Beberapa obyek wisata yang diprediksi bakal diserbu pengunjung antara lain Wisata Guci Tegal, Lawang Sewu, Kota Lama Semarang, Pantai Bandengan Jepara, wisata Tawangmangu, dan lainnya.

Obyek wisata populer seperti Candi Borobudur dan sekitarnya, yakni Candi Mendut dan Candi Pawon juga diprediksi akan banyak didatangi pengunjung.

"Kemudian, Owabong (Waterpark di) Purbalingga dan Baturaden di Banyumas," tuturnya.

Eksterior Masjid Raya Sheikh Zayed, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Selasa (28/2/2023). Masjid yang merupakan hibah dari Putra Mahkota UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan ini, sudah diresmikan dan dibuka untuk umum.KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN Eksterior Masjid Raya Sheikh Zayed, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Selasa (28/2/2023). Masjid yang merupakan hibah dari Putra Mahkota UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan ini, sudah diresmikan dan dibuka untuk umum.

Di samping lokasi tersebut, ia memperkirakan wisatawan akan tertarik mengunjungi destinasi wisata yang baru berdiri atau yang sedang viral di media sosial.

Beberapa di antaranya Masjid Raya Syeikh Zayed Solo, Solo Zoo, Air Terjun Jumog di Karanganyar, dan Sigandul View di Temanggung.

Baca juga:

Kunjungan diprediksi sekitar 11 juta orang

Sementara jumlah kunjungan wisatawan diprediksi paling banyak mencapai 11.681.546 wisatawan yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Jateng.

"Asumsi pesimis, yaitu paling rendah, diprediksi akan terjadi pergerakan wisatawan sejumlah 9.503.804 orang. Kemudian prediksi moderatnya kami di angka 10.367.675 orang," ucap Riyadi.

Baca juga: 10 Event Unggulan Jawa Tengah Tahun 2023, Ada Dieng Culture Festival

Prediksi itu didasarkan pada beberapa indikator, seperti penambahan hari libur atau cuti bersama, dukungan infrastruktur jalan, kesiapan destinasi wisata, dan animo masyarakat yang semakin tinggi pasca-pandemi.

“Kemudian perekonomian masyarakat yang cenderung membaik, pencabutan PPKM, prakiraan cuaca yang diprediksi cerah tidak hujan hanya ekstrem saat-saat tertentu. Kemudian juga stabilnya harga kebutuhan pokok,” tandasnya.

@kompastravel #MasjidRayaSheikhZayed Solo bernuansa putih nan elegan, pemberian Presiden Uni Emirat Arab untuk Jokowi sebagai simbol persahabatan UEA dan Indonesia ?#masjidraya #masjidrayasolo #soloplacetogo #solohits #wisatasolo #serunyabelajar ? Sunroof - Nicky Youre & dazySejum
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com