Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nirina Zubir Bagikan 4 Tips Traveling ke Hong Kong, Jangan Baper

Kompas.com - 13/04/2023, 18:12 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah membuka perbatasannya secara total pada Desember 2022 lalu, Hong Kong kembali menyambut kedatangan wisatawan dari seluruh dunia dengan diluncurkannya kampanye bertajuk "Hello Hong Kong" sejak Februari 2023.

Wisatawan bisa menikmati beragam atraksi menarik, dari alam, aneka pusat perbelanjaan, surga kuliner, sejarah, hingga kehidupan modern yang ditawarkan oleh kawasan berjuluk Kota Mutiara dari Timur itu.

Baca juga:

Nah, buat yang pertama kali ingin berwisata ke sini, bisa menyimak sejumlah kiat yang dibagikan oleh selebritas Nirina Zubir berdasarkan pengalamannya tinggal selama tujuh tahun di sana.

1. Tidak melewatkan aktivitas berbelanja

Pertama, Nirina menyarankan agar wisatawan tidak melewatkan aktivitas berbelanja saat berkunjung ke Hong Kong.

Sebab, kawasan tersebut memang sudah dikenal dunia sebagai surganya berbelanja bagi para turis.

Papan nama neon di Hong Kong dengan tulisan bahasa China dan Inggris.GETTY IMAGES via BBC INDONESIA Papan nama neon di Hong Kong dengan tulisan bahasa China dan Inggris.

"Kalau aku sarankan sih enggak usah bawa baju. Belanjanya di sana saja, ada berbagai pilihan mulai dari barang branded, medium range, yang untuk kalangan backpackers juga ada," kata Nirina kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Aktris pemeran "Get Married" itu bahkan merekomendasikan para pencinta sneakers untuk berbelanja di Mong Kok yang terkenal sebagai surganya pemburu fashion.

Baca juga: Hong Kong Dikunjungi 1,4 Juta Turis Asing Selama Februari 2023

Selain itu, sambung dia, Hong Kong juga menjadi destinasi tujuan untuk berburu item fesyen terbaru yang paling cepat merilis barang-barang terkini.

"Makanya kalau kita mau suatu barang yang baru keluar, Hong Kong jadi destinasi yang pasti punya dan paling cepat tersedia," tuturnya.

2. Pelajari detail barang yang ingin dibeli

Sebelum berbelanja, Nirina mengimbau agar turis riset terlebih dulu soal barang yang diinginkan, utamanya bila mengincar barang bermerk tertentu, mulai dari detail dan ciri barang, hingga rentang harga normal dari barang tersebut. 

Ilustrasi tas kulit.SHUTTERSTOCK / denis kalinichenko Ilustrasi tas kulit.

"Untuk tips belanja, pastikan aja kita tau apa yang kita mau dengan segala detailnya. Harus tau barang lah," ucap dia.

Sebab, Nirina mengatakan bahwa sebagai pusat mode, Hong Kong menyediakan berbagai kebutuhan barang untuk pasar yang luas. Mulai dari barang original hingga tiruan dan variasi lainnya tersedia di sini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Seni di Hong Kong, Bisa Lihat Karya Yayoi Kusama

"Hong Kong itu pasarnya kan luas, range harga nya juga beda-beda, asli palsu juga banyak. Jadi pelajari barang yang kamu mau, permintaan kan beragam," tuturnya.

Gunakan transportasi umum

Kemudahan lainnya yang ditawarkan oleh Hong Kong ialah akses transportasi dari ujung ke ujung negara ini terbilang gampang.

Suasana di dalam stasiun MTR Central, Hong Kong, Rabu (15/2/2022).KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUS Suasana di dalam stasiun MTR Central, Hong Kong, Rabu (15/2/2022).

"Transportasi publik di Hong Kong sudah memadai banget dari ujung ke ujung. Dan yang aku suka, MTR (MRT Hong Kong) nya itu jalurnya enggak rumit," ucapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com