Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Iboih di Aceh, Punya Spot Snorkeling dan Lihat Lumba-lumba

Kompas.com - 13/04/2023, 18:47 WIB
Sania Mashabi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desa Wisata Iboih di Kota Sabang, Aceh, masuk 75 desa wisata terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. 

Salah satu aktivitas yang bisa dijajal di desa wisata ini adalah snorkeling bersama ikan-ikan kecil di Pulau Rubiah. Dengan tarif mulai Rp 50.000, aktivitas ini bisa dijajal sepanjang tahun karena lokasinya strategis di tengah teluk.

Baca juga: 

Saat berkunjung ke desa wisata tersebut, Rabu (12/4/2023), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pun turut mencoba snorkeling. 

"Ini sangat amazing (luar biasa), saya melihat ini potensinya sangat premium dan bisa dikembangkan dengan kelengkapan (fasilitas) homestay yang lebih baik," ujar Menparekraf, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (13/4/2023).

"Sehingga dampak terhadap masyarakatnya itu jauh lebih kuat dari segi peningkatan kesejahteraan masyarakat," lanjut dia.

Baca juga: 75 Besar ADWI 2023, Jatim Sumbang 8 Wakil

Menparekraf Sandiaga Uno Menjajal Snorkeling di Deda Wisata Iboih, SabangDokumen Kemenparekraf Menparekraf Sandiaga Uno Menjajal Snorkeling di Deda Wisata Iboih, Sabang

Untuk diketahui, Desa Wisata Iboih terletak di ujung barat Indonesia yang ditandai dengan adanya Tugu Kilometer Nol Indonesia, tepatnya di Kecamatan Sukamakmue.

Desa ini bisa dicapai dengan naik pesawat selama 2 jam 45 menit dari Jakarta ke Banda Aceh, lalu naik kapal dari Pelabuhan Ulee Lheue ke Pelabuhan Balohan, Sabang. Selanjutnya wisatawan bisa naik kendaraan dari Pelabuhan Balohan ke Iboih. 

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com