Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Bandara AP II Prediksi Layani 5,25 Juta Penumpang di Periode Lebaran 2023

Kompas.com - 14/04/2023, 08:08 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura (AP) II memprediksi sebanyak 5,25 juta penumpang akan melakukan perjalanan udara melalui 20 bandara yang dikelolanya selama periode mudik dan balik Lebaran pada 12 April-3 Mei 2023.

Prediksi itu disampaikan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin. Ia mengatakan, jumlah pemudik tahun ini naik 25 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022.

"Berita baiknya, tahun ini AP II, 20 bandaranya memproyeksikan akan mengelola pergerakan penumpang hampir 5,3 juta trafik penumpang," kata Awaluddin dalam Media Briefing Injourney "Kesiapan Fasilitas Angkutan Lebaran 2023" di Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: 18,2 Juta Orang Naik Pesawat Melalui Bandara AP II Sepanjang 2023

Ia melanjutkan jika melihat tingkat pemulihan (recovery rate) dari masing-masing bandara tersebut, sudah hampir mendekati seperti sebelum pandemi Covid-19 2019 silam.

"Angka ini di 20 bandara recovery rate-nya hampir sama. Hampir 100 persen dengan masa angkutan Lebaran 2019," ujar Awaluddin.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Begitu pula untuk pergerakan pesawat yang diprediksi mencapai 36.000 penerbangan, atau naik 11 persen dari tahun lalu.

Kesiapan infrastruktur bandara jadi perhatian

Untuk itu, kata Awaluddin, kesiapan fasilitas dan infrastruktur masing-masing bandara, menjadi perhatian khusus bagi AP II dalam melancarkan masa angkutan Lebaran tahun ini.

"Kondisi ini membuat operator bandara dan maskapai harus sangat konsen pada aspek safety dan security penerbangan karena animo masyarakat cukup tinggi," ucapnya.

Situasi Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara pada Jumat (31/12/2021). KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Situasi Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara pada Jumat (31/12/2021).

Pihaknya juga sudah memulai posko angkutan Lebaran 2023 terlebih dulu, sejak dua hari lalu, guna memantau dan memastikan operasional bandara bisa mengendalikan arus puncak mudik maupun arus puncak balik nanti.

"Infrastruktur yang ada harus terjamin siap. Jadi, kita tidak membolehkan adanya gangguan yang berkaitan dengan infrastruktur dan fasilitas bandara, jadi 20 bandara harus beroperasi dengan kondisi yang prima," ucap dia.

Baca juga: Jelang Arus Mudik, Bandara Hang Nadim Batam Tambah 3 Penerbangan Setiap Harinya

Adapun puncak arus mudik di bandara AP II diperkirakan akan berlangsung pada tanggal 21 April 2023, dan puncak arus balik akan berlangsung pada 29-30 April 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com