Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf Imbau Pemudik Cek Lagi Kesiapan Kendaraannya

Kompas.com - 17/04/2023, 22:09 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memasuki periode mudik Lebaran 2023, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengingatkan lagi calon pemudik agar mengecek kelayakan serta kesiapan transportasi yang akan digunakan.

Tak hanya itu, ia juga mengimbau para pelaku usaha perjalanan wisata supaya memastikan transportasi yang digunakan untuk mengangkut penumpang lolos uji ramp check (inspeksi keselamatan kendaraan bermotor).

Baca juga:

"Diimbau kepada seluruh pemudik yang ingin berwisata agar mengecek kendaraannya dalam keadaan yang mumpuni, bus pariwisata yang digunakan, pastikan sudah mengikuti ramp check dan ada aplikasi Spionam (Sistem Perizinan Online Angkutan Darat dan Multimoda)," ucap Menparekraf dalam Weekly Press Briefing di Jakarta, Senin (17/4/2023).

Ia juga mengingatkan para pelaku usaha transportasi pariwisata agar membekali para sopir dengan pelatihan guna mempersiapkan diri saat di lapangan nanti.

Baca juga: 8 Tips Mudik Naik Motor agar Aman sampai Tujuan

Utamakan CHSE

Ilustrasi wisatawan di kawasan Gunung Bromo.Dok. Pixabay/Muhammad Aknafi Ilustrasi wisatawan di kawasan Gunung Bromo.

Dalam hal ini, pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menyebarkan surat edaran ke berbagai Dinas Pariwisata (dinpar) di seluruh Indonesia.

Tujuannya guna memastikan kesiapan semua tempat wisata dan daya tarik wisata dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, terutama dari aspek CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) dan protokol kesehatan.

Baca juga:

"Untuk memastikan kesiapan destinasi, terutama lokasi daya tarik wisata dengan penerapan protokol kesehatan yang baik," imbuh Sekretaris Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Oneng Setya Harini dalam kesempatan serupa.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga melanjutkan bahwa pihaknya juga telah mengarahkan agar Dinas Pariwisata berkoordinasi dengan rumah sakit dan kepolisian setempat dalam menjaga keamanan dan kenyamanan aktivitas berwisata selama libur Idul Fitri nantinya.

"Kemenparekraf terus menyiapkan destinasi agar menerapkan seluruh protokol CHSE dan keamanan, kesehataan dan keselamatan dan keberlanjutan lingkungan," ucapnya.

Baca juga: Sebelum Mudik, Simak 4 Cara Amankan Listrik di Rumah agar Tidak Kebakaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com