Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf Optimistis Banyak Penerbangan Langsung ke Labuan Bajo Usai KTT ASEAN 2023

Kompas.com - 18/04/2023, 20:08 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis akan ada banyak pengajuan penerbangan langsung ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pasca-KTT ASEAN 2023.

"Kami yakin Labuan Bajo ini setelah KTT ASEAN akan mulai diterbangkan penerbangan langsung," ucap Menparekraf saat Weekly Press Briefing Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).

Baca juga:

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran, Ni Made Ayu Martini menyampaikan, meskipun Bandara Komodo di Labuan Bajo belum menjadi gerbang masuk internasional, namun sudah ada banyak maskapai penerbangan yang tertarik membuka rute penerbangan langsung dari berbagai negara ke wilayah itu.

"Sudah banyak sekali sebetulnya yang bersiap dan menginginkan itu dibuka segera, dan KTT ASEAN ini jadi momentum yang baik untuk membuka penerbangan internasional," tuturnya dalam kesempatan yang sama.

Ilustrasi wisatawan di Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur.UNSPLASH/Yulia Agnis Ilustrasi wisatawan di Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur.

Salah satunya, Made menambahkan, ialah maskapai penerbangan AirAsia yang tertarik memperluas koneksinya ke Destinasi Super Prioritas (DSP) itu.

Hal tersebut terjadi usai berbagai macam pertemuan dan diskusi yang sudah dilakukan.

"Mereka bahkan mengirimkan tim untuk melihat kelaikannya, mereka berharap setelah KTT (ASEAN 2023), ingin sekali diversifikasi untuk menambah dan memperluas destinasi mereka, sehingga Labuan Bajo yang sudah kita promosikan sebagai salah satu dari lima DSP itu, mereka sangat tertarik," terangnya.

Baca juga: Sempat Banjir, Labuan Bajo Tetap Siap Jadi Tuan Rumah KTT ASEAN 2023

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com