Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantul Targetkan 300.000 Kunjungan Wisatawan pada Libur Lebaran 2023

Kompas.com - 19/04/2023, 07:09 WIB
Markus Yuwono,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menargetkan pendapatan antara Rp 2,5 miliar hingga Rp 3 miliar atau 250.000-300.000 kunjungan wisatawan dari Jumat (21/4/2023) hingga Senin (1/5/2023).

"Target kunjungan wisata selama libur Lebaran sekitar 250.000 sampai 300.000 (wisatawan), dengan pendapatan asli daerah sekitar Rp 2,5 miliar sampai Rp 3 miliar," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo kepada wartawan di Bantul, Selasa (18/4/2023). 

Baca juga:

Ia melanjutkan, untuk memaksimalkan pendapatan, pihaknya membuka tempat pemungutan retribusi (TPR) Parangtritis dan Pantai Depok selama 24 jam.

Petugas yang menarik retribusi biasanya 34 orang terdiri dari petugas Dinas Pariwisat,a dan dari Kalurahan akan ditambah menjadi 60 orang. 

"Kalau pas lebaran ini 60 orang dan kita buka 24 jam, itu hanya untuk TPR sisi timur yakni TPR Paris dan Depok," kata dia.

Baca juga: Ramadhan 2023, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Turun Hampir 85 Persen

Jembatan Kretek II beroperasi, pengunjung hanya sekali bayar retribusi

Pemandangan Jembatan Kretek 2 di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari ketinggian.SHUTTERSTOCK/NASRUL MA ARIF Pemandangan Jembatan Kretek 2 di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari ketinggian.

Untuk diketahui, beroperasinya Jembatan Kretek II dapat membuat pengunjung pantai timur dan barat hanya satu kali bayar retribusi. 

Kwintarto tidak mempermasalahkan dengan beroperasinya Jembatan Kretek II. Wisatawan bisa leluasa berpindah dari kawasan pantai sisi timur ke sisi barat dengan hanya membayar satu kali tiket retribusi.

"Kawasan Pantai selatan Bantul khusus tahun ini progresnya sekali masuk. Jadi dengan adanya Jembatan Kretek II mau ke kawasan pantai timur dan barat masih satu tarif saja yakni per orang Rp 10.000," katanya.

Baca juga:

Sementara itu, Kepala Satgas Humas Operasi Ketupat Progo 2023 Polres Bantul, Iptu I Nengah Jefrry Prana Widnyana menyampaikan, pengalihan arus lalu lintas di Jalan Parangtritis dalam rangka libur Lebaran akan dilakukan apabila kendaraan yang menuju Pantai Parangtritis sudah antre di atas Jembatan Kretek I.

"Polres Bantul akan menempatkan tim urai di simpang tiga Jembatan Kretek I yang merupakan lokasi rawan kepadatan arus," kata Jeffry 

Ia menerangkan, kendaraan yang dialihkan khusus roda dua dan mobil pribadi, sedangkan bus dan kendaraan barang tetap boleh melintas di Jalan Parangtritis.

Baca juga: Wisatawan Bantul Bakal Didorong Pakai Pembayaran Non-tunai

Nantinya akan ada petugas yang memasang petunjuk arah jika terjadi dilakukan pengalihan arus. 

"Patroli di Jembatan Kretek II untuk mengimbau pengguna jalan agar tidak berhenti di sepanjang jembatan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com