Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sleman Targetkan 1 Juta Kunjungan Wisatawan Saat Libur Lebaran 2023

Kompas.com - 19/04/2023, 15:08 WIB
Wijaya Kusuma,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pada libur Lebaran 2023, sebanyak satu juta wisatawan ditargetkan berkunjung ke tempat wisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Target di libur lebaran kali ini sekitar satu juta wisatawan yang berkunjung ke Sleman," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (19/04/2023).

Baca juga:

Ishadi melanjutkan, ada 109 tempat wisata di wilayah Kabupaten Sleman. Target satu juta kunjungan wisatawan tersebut tersebar di tempat wisata yang ada, mulai dari wisata alam, museum, desa wisata, hingga wisata candi.

"Tersebar di beberapa destinasi wisata ada di Kaliurang, Lereng Merapi, Candi Prambanan, kemudian Obelix Hills sama (Tebing) Breksi. Itu destinasi-destinasi yang menjadi prioritas wisatawan," terangnya.

Adapun terdapat tiga tempat wisata di Kabupaten Sleman yang menjadi favorit wisatawan saat liburan yakni Candi Prambanan, Lava Tour Lereng Merapi, dan Tebing Breksi.

Target lebih tinggi dari Lebaran 2022

Kompleks Candi Prambanan.DOK. PUSKOMPUBLIK KEMENPAREKRAF Kompleks Candi Prambanan.

Menurutnya, target satu juta kunjungan wisatawan pada libur lebaran 2023 lebih tinggi dibanding libur Lebaran tahun lalu, yang mana sebanyak 750.000 wisatawan.

Adapun jumlah kunjungan wisatawan pada tahun lalu melebihi dari target 750.000 orang.

Baca juga:

"Sekarang kita targetkan satu juta. Kita kan kemarin masih pandemi Covid-19 itu saja sampai segitu, sekarang semua sudah dibuka, pandemi sudah menuju endemi, itu kan wisatawan akan semakin meningkat, jumlah pemudiknya kan juga bertambahkan," jelas Ishadi.

Ia melanjutkan, perputaran uang dari sektor pariwisata di Kabupaten Sleman selama libur Lebaran 2023 diperkirakan akan mencapai Rp 1,25 trilliun.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com