Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Naik Kereta Bandara ke Bandara Soekarno-Hatta, Anti Macet

Kompas.com - 22/04/2023, 06:07 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kereta Bandara (KA Bandara) termasuk opsi transportasi yang bisa ditumpangi untuk menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

Ada lima stasiun di Jakarta yang melayani operasional kereta bandara, di antaranya Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca juga:

Pada Kamis (13/4/2023), tim Kompas.com berkesempatan mencoba naik kereta bandara menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

 

Naik kereta bandara dari Stasiun Manggarai

Tampak depan ruang tunggu KA Bandara di Stasiun Manggarai.KOMPAS.com / Suci Wulandari Putri Tampak depan ruang tunggu KA Bandara di Stasiun Manggarai.

Dari semua stasiun yang melayani operasional kereta bandara, tim Kompas.com memilih Stasiun Manggarai sebagai stasiun keberangkatan.

Untuk menuju ke Stasiun keberangkatan KA Bandara Manggarai, tim Kompas.com menyambung perjalanan menggunakan KRL Commuter Line dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Manggarai.

Setibanya di Manggarai, tim Kompas.com transit menuju peron keberangkatan KA Bandara di lantai dua Stasiun Manggarai.

Tim Kompas.com sampai di Stasiun KA Bandara Manggarai sekitar pukul 08.45 WIB.

Baca juga: Naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta, dari Stasiun Mana?

KA Bandara yang tim Kompas.com tumpangi dijadwalkan berangkat pukul 09.37 WIB dan diperkirakan sampai di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 10.33 WIB.

Sebelum masuk ruang tunggu KA Bandara, calon penumpang KA Bandara yang datang dengan KRL wajib melakukan tap-out untuk keluar dari akses KRL Stasiun Manggarai.

Sekitar 15 menit sebelum jam keberangkatan, pintu masuk menuju peron KA Bandara dibuka dan semua calon pengunjung akan melakukan tap-in menggunakan tiket yang sudah dibeli sebelumnya.

Setelah berhasil masuk, tim Kompas.com melanjutkan perjalanan masuk ke dalam KA Bandara dan memilih kursi penumpang.

Baca juga: 4 Tips Naik Kereta Bandara Jakarta, Ada Tiket Murah Rp 30.000

Calon penumpang di ruang tunggu KA Bandara Stasiun Manggarai.KOMPAS.com/ Suci Wulandari Putri Calon penumpang di ruang tunggu KA Bandara Stasiun Manggarai.

Berdasarkan pantauan tim Kompas.com, penumpang KA Bandara bebas memilih posisi tempat duduk kereta yang diiinginkan.

Ada posisi tempat duduk yang searah lajunya kereta, ada yang posisinya berlawanan dengan arah laju kereta, dan ada pula yang berhadap-hadapan dengan kursi penumpang lain.

Tidak seperti KRL Commuter line, KA Bandara lebih nyaman, pendingin ruangan mulai terasa saat penumpang memasuki gerbong kereta.

Ada pula bagasi khusus di bagian belakang setiap rangkaian kereta. Di tempat ini, penumpang bisa menaruh koper atau barang bawaan.

Setelah penumpang duduk dan pintu KA Bandara ditutup, KA Bandara yang tim Kompas.com tumpangi kemudian melaju meninggalkan Stasiun Manggarai.

Baca juga: 7 Cara Bayar Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta, Pakai Apa Saja?

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com