Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Murah di Bandungan yang Bisa Dikunjungi Saat Lebaran 2023

Kompas.com - 22/04/2023, 08:03 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Semarang yang berada di lereng Gunung Ungaran. Ada sejumlah tempat wisata murah di Bandungan yang bisa dikunjungi saat libur Lebaran 2023.

Baca juga: Aktivitas Wisata di Bandungan, Naik Jip Keliling Pedesaan dan Membatik

Baca juga: 5 Wisata Sekitar Alun-alun Bandungan, Indahnya Lereng Gunung Ungaran

Selain berhawa sejuk, Bandungan memiliki panorama indah Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, serta Rawa Pening.

Berikut sejumlah destinasi wisata murah di Bandungan yang bisa dikunjungii saat Lebaran 2023, seperti dihimpun Kompas.com.

1. Alun-alun Bandungan 

Alun-alun Bandungan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Alun-alun Bandungan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Usai renovasi, Alun-alun Bandungan dibuka untuk umum pada Senin (5/12/2022) lalu. Pengunjung tidak dipungut biaya untuk menikmati fasilitas publik ini.

Bangunan yang dulunya pasar tersebut, saat ini dipenuhi bunga-bunga yang ditanam dengan pola terasering. Sementara, di bagian bawah ada tiga gunungan besar yang dilengkapi tulisan Bandungan.

Wisatawan yang berkunjung ke Alun-alun Bandungan bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan pegunungan.

2. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia di Bandungan, SemarangDok. Instagram @taman_bunga.celosia Taman Bunga Celosia di Bandungan, Semarang

Obyek wisata yang satu ini cocok untuk pencinta bunga. Para pengunjung bisa melihat ratusan bunga hias warna-warni yang menyegarkan mata. Lokasinya berada di Jalan Candi Gedong Songo No.KM, RW.5, Beroken, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang.

Selain taman bunga, ada spot foto instagramable seperti Little Italia, Little Korea, dermaga putih, taman bunga, White Marine Park, dan masih banyak lainnya.

Adapun harga tiket masuk ke Taman Bunga Celosia tergolong murah, yakni mulai dari Rp 25.000 pada hari biasa dan mulai dari Rp 30.000 pada akhir pekan.

Baca juga: Alun-alun Bandungan Sudah Buka, Jadi Jujugan Baru Wisatawan

Baca juga: 8 Hotel Dekat Taman Bunga Celosia Bandungan, Cocok untuk Keluarga

3. Legok Madu

Obyek wisata yang satu ini memiliki konsep serupa dengan Taman Bunga Celosia, yakni taman bunga kekinian dengan beragam spot foto Instagramable. Lokasinya berada di Kaliwinong, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang. 

Ikon taman bunga kekinian ini adalah patung angsa yang dihiasi dengan beragam bunga. Pengunjung yang ingin berfoto di berbagai spot Instagramable di Legok Madu cukup membayar harga tiket masuk (HTM) sebesar Rp 10.000 per orang.

4. Candi Gedong Songo

Candi Gedong SongoShutterstock Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan kompleks candi bercorak Hindu yang merupakan ikon wisata Bandungan. Keunikan dari kompleks candi ini adalah lokasinya yang berada di ketinggian 1.200-1.300 mdpl.

Selain itu, harga tiket masuknya pun cenderung terjangkau yakni Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per orang. Nama gedong berasal dari bahasa Jawa yang berarti bangunan dan songo berarti sembilan. Wisatawan bisa menjumpai sembilan bangunan candi sesuai dengan namanya.

Berada di ketinggian, Candi Gedong Songo menawarkan panorama gugusan awan, dengan latar belakang gunung-gunung di Jawa Tengah.

5. Vanaprastha Gedong Songo Park

Obyek wisata lain yang berada di Kawasan Candi Gedong Songo adalah Vanaprastha Gedong Songo Park.

Mengutip Tribun Travel (10/7/2019), obyek wisata ini berupa hutan pinus yang masih asri. Bahkan, warga sekitar menyebut suasana  Vanaprastha Gedong Songo Park seperti hutan pada film Twilight.

Tarif masuk ke lokasi Vanaprastha Gedong Songo Park tergolong ramah kantong, yakni Rp 8.000 per orang. Namun karena lokasinya berada di kawasan Candi Gedong Songo, maka pengunjung juga dikenakan tiket masuk kawasan candi sebesar Rp 15.000 per orang.

Pengunjung juga bisa menikmati wisata sejarah yakni tiga rumah rumah kayu yang berusia lebih dari satu abad. Dulunya, rumah tersebut digunakan sebagai kantor resmi kehutanan pada zaman kolonial Belanda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com