Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Festival Balon Udara di Wonosobo 2023 Selain Saat Lebaran

Kompas.com - 01/05/2023, 19:08 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, puncak Festival Balon Wonosobo telah digelar bertepatan dengan periode libur Lebaran 2023 yakni pada Minggu (30/4/2023).

Buat yang belum bisa melihat langsung festival balon udara tersebut lantaran terselenggara saat momen libur Lebaran, bisa mengunjungi festival serupa lainnya bertajuk Java Ballon Attraction yang dijadwalkan sekitar Agustus 2023.

Baca juga:

"Java Ballon Atraction tahun (2022) kemarin sudah kita laksanakan, tahun ini sudah ada wacana untuk dilanjutkan," ucap Ketua Komunitas Balon Wonosobo, Agam Setyobudi kepada Kompas.com, Senin (1/5/2023).

Nantinya, dalam festival ini, kata Agam, balon-balon udara akan membentuk paling tidak empat formasi yang dapat dilihat pengunjung dari segala penjuru.

Baca juga: Puncak Festival Balon Udara Wonosobo Digelar 30 April, Gratis untuk Umum

Ilustrasi balon udara di Wonosobo, Jawa Tengah.Dok. Paguyuban Balon Wonosobo Ilustrasi balon udara di Wonosobo, Jawa Tengah.

Adapun Java Ballon Atraction akan dilangsungkan di Lapangan Kalianget Wonosobo, namun Agam belum menyebut secara pasti kapan tepatnya acara itu akan digelar.

Sementara itu, jika dilihat dari laman resmi Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Java Ballon Attraction rencananya akan digelar pada pertengahan Agustus 2023, tepatnya mulai Sabtu (26/8/2023) hingga Minggu (27/8/2023) mendatang.

Baca juga:

"Java Ballon Attraction merupakan tradisi balon udara tradisional yang berukuran besar dengan motif beragam dan berwarna-warni. Balon-balon tersebut diterbangkan secara bergantian atau bersamaan," bunyi keterangan dari laman resmi Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, dikutip Senin (1/5/2023).

Acara tersebut juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan seni budaya, bazar UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah), dan aneka lomba berbasis ekonomi kreatif. 

Baca juga: 5 Potret Keindahan Gunung Pakuwaja Wonosobo

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com