Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran 2023, Kunjungan Wisatawan ke Kawah Putih Ciwidey Naik 44 Persen

Kompas.com - 02/05/2023, 06:09 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan ke Kawah Putih di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengalami peningkatan sebesar 44 persen bila dibandingkan tahun 2022.

"Selama periode libur Lebaran dari hari H (22 April 2023) sampai H+9 tanggal 1 Mei 2023, Kawah Putih dikunjungi oleh 48.248 wisatawan nusantara, sementara kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 179 orang," terang Site Manager Kawah Putih Dudung Suhaeri, dikutip dari Antara, Senin (1/5/2023).

Baca juga:

Dudung melanjutkan bahwa angka tersebut menunjukkan kenaikan yang signifikan. Pada periode yang sama sampai H+9 tahun 2022, tempat wisata ini dikunjungi 33.516 wisatawan lokal. 

Bahkan, tambahnya, jumlah wisatawan mancanegara juga meningkat tiga kali lipat dibanding periode yang sama pada tahun 2022. Waktu itu ada 41 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kawah Putih.

Baca juga: 15 Wisata Hits di Ciwidey Bandung, Incaran Wisatawan

Kawah Putih Ciwidey, BandungDok. Perhutani Kawah Putih Ciwidey, Bandung

Wilayah asal wisatawan nusantara pun bervariasi, mulai dari Bandung, Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), hingga Pulau Sumatera. 

Sementara itu, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kawah Putih sebagian besar berasal dari Malaysia. 

Baca juga:

"Wisatawan asing kebanyakan dari Malaysia, sementara kalau nusantara jika dilihat dari plat kendaraannya di awal libur lebaran itu dari Jabodetabek, di akhir-akhir liburan itu dari Bandung Raya," ujarnya.

Sebagai informasi, Kawah Putih memiliki daya tarik berupa danau vulkanis berwarna putih kehijau-hijauan, dilaporkan oleh Kompas.comSenin (19/12/2022). Daya tarik tersebut berpadu dengan panorama hutan mati di sekitarnya.

Baca juga: Harga BBM Naik Bikin Pengunjung Kawah Putih Turun

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com