Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Labuan Bajo Sediakan 38 Hotel untuk Akomodasi KTT ASEAN 2023

Kompas.com - 03/05/2023, 13:08 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melaporkan, saat ini sudah ada 38 hotel di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang siap menjadi akomodasi selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tingggi (KTT) ASEAN ke-42.

Hotel-hotel tersebut, kata Sandiaga, terdiri dari bintang 3 hingga 5 dengan kapasitas lebih dari 1.500 kamar.

"Ketersediaan akomodasi sudah ada 38 hotel dari bintang 5 sampai 3 dengan kapasitas lebih dari 1.500 kamar," ungkap Sandiaga dalam Weekly Press Briefing (WPB) Kemenparekraf di Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Baca juga:

Tidak hanya itu, Sandiaga menuturkan, sejumlah akomodasi di Labuan Bajo yang berasal dari rumah sewa, homestay, dan rumah kos juga sudah banyak disewa wisatawan nusantara jelang perhelatan KTT ASEAN ke-42 ini.

Bahkan, sebanyak 26 kapal ikut disertakan untuk menjadi akomodasi alternatif bagi wisatawan sebagai hotel apung yang memfasilitasi live on board (LOB).

"Tersedia 26 kapal dengan kapasitas tampung 4.200 orang mulai dari kapal pinisi hingga kapal wisata lainnya," tuturnya.

Presiden Jokowi berbincang dengan beberapa menteri dan kepala daerah di atas kapal pinisi menuju Pulau Rinca Taman Nasional Komodo, Kamis, (21/7/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)antara Presiden Jokowi berbincang dengan beberapa menteri dan kepala daerah di atas kapal pinisi menuju Pulau Rinca Taman Nasional Komodo, Kamis, (21/7/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Selain itu, Sandiaga juga memastikan akan melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan menghadirkan sebanyak 40 UMKM lokal yang sudah dikurasi.

Baca juga: Intip Fasilitas Venue KTT ASEAN 2023, Hotel Meruorah di Labuan Bajo

Sedangkan untuk destinasi wisata kuliner, sudah ada 20 lokasi restoran dan kafe di Labuan Bajo yang akan direkomendasikan bagi para tamu KTT ASEAN maupun wisatawan nantinya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com